Dorong Ekspor UMKM, Bea Cukai Jalin Kolaborasi dengan Pemerintah Daerah

Bea Cukai jalin kolaborasi dengan Pemda
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Dalam menjalankan perannya sebagai industrial assistance, Bea Cukai terus berupaya membangun kerja sama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan kolaborasi dalam mendorong ekspor nasional. Kali ini Bea Cukai Purwokerto dan Bea Cukai Yogyakarta berperan aktif dalam mendorong UMKM untuk melaksanakan ekspor.

Cetak Pelaku UMKM Berkualitas, Otorita IKN Luncurkan Program Pelatihan Batch 2

Bea Cukai Purwokerto hadir sebagai narasumber dalam kegiatan FGD “Strategi Menghadapi Tantangan dan Meningkatkan Ekspor Kabupaten Banyumas”, dilanjutkan dengan Launching Aplikasi Sistem Informasi Ekspor Banyumas Indonesia (SiFEBI) yang digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyumas.

Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan, Encep Dudi Ginanjar, mengungkapkan, bahwa Indonesia banyak memiliki komoditas yang sangat berpotensi dan berpeluang untuk diekspor. “Di Kabupaten Banyumas sendiri terdapat beberapa produk komoditas seperti gula kelapa, kayu olahan, dan minyak atsiri, berpotensi untuk ekspor jika dikelola dengan baik,” ujar Encep. Jika terdapat kendala untuk ekspor, para pelaku usaha dapat menghubungi Bea Cukai untuk melakukan konsultasi, kami mempunyai program asistensi dalam meningkatkan ekspor melalui pemberdayaan UMKM.

Cara AMANAH Bangkitkan Kreativitas Anak Muda Aceh

Sementara itu, di Yogyakarta, juga secara aktif turut serta dalam pengembangan UMKM di Provinsi DIY beberapa tahun terakhir. Pada tahun ini, Bea Cukai Yogyakarta siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam memaksimalkan peranannya dalam mendukung UMKM. Hal tersebut disampaikan dalam agenda kunjungan Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta ke Kantor Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi D.I. Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut Bea Cukai Yogyakarta menyampaikan bahwa terdapat program yang dimiliki Dinas Koperasi dan UMKM DIY yang dapat dikolaborasikan, yaitu fasilitas gratis ongkos kirim untuk ekspor sample produk UMKM dan program Kelas Bersama Selasa Pagi. Lebih lanjut, Bea Cukai juga menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dalam pembinaan UMKM dengan menjadi salah satu narasumber dalam program Kelas Bersama Selasa Pagi. Materi yang akan dibawakan nantinya mengenai prosedur ekspor atau ketentuan kepabeanan lainnya yang berkaitan dengan UMKM.

Menuju Makanan yang Lebih Sehat, Peran Food Science bagi UMKM
Harvesting Gernas BBI/BBWI Sumatera Selatan

OJK Gelar Harvesting Gernas BBI/BBWI Sumsel: Nasabah Binaan PNM Mekaar Tampilkan Usaha Terbaik

Perhelatan yang berlangsung pada 26 Mei 2024 ini menarik antusias berbagai pihak di antaranya adalah nasabah PNM Mekaar.

img_title
VIVA.co.id
26 Mei 2024