4 Tips Sederhana Mengatur Keuangan untuk Self Care

Ilustrasi belanja online
Sumber :
  • Kredivo

VIVA – Merawat diri atau self care adalah bagian penting dari hidup yang sehat dan bahagia. Ini adalah tentang memberi diri kita waktu dan perhatian yang pantas, termasuk melakukan aktivitas yang membuat kita merasa baik dan bersemangat. Salah satu cara untuk merawat diri adalah dengan membeli barang atau produk yang membuat kita senang.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Namun, ada kemungkinan bahwa berbelanja untuk self care tersebut bisa menjadi mahal dan membuat kita boros. Untungnya, ada beberapa tips sederhana yang bisa membantu kita mengatur keuangan agar tetap sehat tanpa harus mengorbankan kebahagiaan kita. Dilansir dari Investortrust, berikut ini tips-tipsnya Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Buat Pertimbangan Sebelum Membeli Sesuatu

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Ilustrasi belanja online

Photo :
  • Pixabay/ Preis_King

Pertama-tama, penting untuk merencanakan pembelian. Sebelum membeli sesuatu, pertimbangkan apakah kita benar-benar membutuhkannya dan apakah itu sesuai dengan anggaran kita. Misalnya, jika kita ingin membeli sesuatu yang lebih besar seperti sebuah gadget atau pakaian, mungkin lebih baik untuk menunggu hingga kita memiliki bonus atau tabungan khusus untuk itu.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

2. Prioritaskan Kebutuhan

Ilustrasi belanja/sale.

Photo :
  • Freepik/freepik

Ketika kamu mempertimbangkan untuk membeli sesuatu untuk self care, tanyakan pada diri sendiri apakah itu benar-benar penting atau hanya sesuatu yang diinginkan. Fokus pada barang atau produk yang memberi dampak positif pada kesehatan dan kebahagiaanmu dan pertimbangkan untuk mengabaikan hal-hal yang tidak begitu penting.

3. Bandingkan Harga Sesuatu yang Ingin Dibeli

Ilustrasi keranjang belanja siap dikirim oleh jasa logistik.

Photo :
  • acf.ua

Selain itu, jangan lupa untuk membandingkan harga. Sebelum melakukan pembelian, luangkan waktu untuk membandingkan harga di beberapa toko atau platform online. Kamu mungkin menemukan produk yang sama dengan harga yang lebih murah di tempat lain. Juga, cari tahu apakah ada diskon atau penawaran khusus yang bisa kamu manfaatkan.

4. Mengatur Keuangan dengan Bijak

Ilustrasi uang

Photo :
  • Pixabay

Terakhir, atur keuanganmu dengan bijak. Buatlah anggaran bulanan yang mencakup pengeluaran untuk self care, tetapi pastikan untuk tetap dalam batas anggaran yang kamu tetapkan. Jika memungkinkan, alokasikan sebagian dari pendapatanmu untuk ditabung atau diinvestasikan untuk masa depan.

Dengan mengikuti tips-tips ini, kamu dapat merawat diri tanpa harus mengorbankan stabilitas keuangan. Ingatlah bahwa self care sejati bukan hanya tentang barang-barang material, tetapi juga tentang memberi diri waktu dan perhatian yang pantas. Dengan mengatur keuangan dengan baik, kamu dapat merasa lebih baik secara fisik, emosional, dan finansial.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya