Ekspedisi Rupiah BI ke Daerah 3T Raih Penghargaan Internasional

Penampakan uang baru rupiah tahun emisi 2022. (ilustrasi)
Sumber :
  • Bank Indonesia

Jakarta – Bank Indonesia (BI) meraih penghargaan internasional lingkup bank sentral, yakni Central Banking Award (CBA) ke-11 untuk kategori currency initiative. Penghargaan itu diperoleh karena adanya inisiatif BI dalam mengedarkan uang rupiah hingga ke daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil) dalam Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB).

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Deputi Gubernur BI, Doni P. Joewono mengatakan, CBA mengapresiasi inovasi dan keunggulan BI dalam pengelolaan uang tunai termasuk distribusi di tengah kondisi geografis Indonesia yang menantang.

“Sepanjang 2023, ekspedisi ini telah menjangkau lebih dari 100 pulau terpencil untuk menyediakan Uang Layak Edar kepada masyarakat luas," kata Doni dalam keterangannya Selasa, 26 Maret 2024.

BI Catat Penyaluran Kredit Baru Kuartal I-2024 Tumbuh Positif, Ada Tapinya

Gedung Bank Indonesia.

Photo :
  • VIVA/Andry Daud

Doni mengatakan, CBA memahami tantangan unik Indonesia untuk mendistribusikan uang tunai ke lebih dari 14.000 pulau di NKRI. Sehingga tidak mudah melakukan distribusi di tengah keterbatasan moda transportasi, kondisi cuaca ekstrem, dan konektivitas antar wilayah. 

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Menurutnya, sinergi Bank Indonesia dengan TNI Angkatan Laut yang diwujudkan melalui ERB, yaitu kegiatan distribusi uang rupiah untuk menjangkau wilayah terdepan, terluar dan terpencil dengan menggunakan kapal perang TNI Angkatan Laut menjadi poin penting bagi penilaian CBA. 

Kolaborasi ini jelas Doni, tidak hanya terkait moda, tetapi juga proses pendistribusian, pengamanan, dan pengawalan. Kolaborasi dari tahun 2012 hingga 2023 ini telah menghasilkan 110 kegiatan penukaran kas keliling di 3T dengan jangkauan 565 pulau. 

Adapun CBA adalah penghargaan yang diselenggarakan oleh The Central Banking atas inovasi dan keunggulan bank sentral dalam menghadapi tantangan kebijakan dan operasional yang signifikan di tengah meningkatnya tekanan inflasi, perubahan teknologi yang cepat, dan transisi lingkungan. The Central Banking merupakan platform media internasional yang berfokus pada kebanksentralan di 120 negara.

Sedangkan Ekspedisi Rupiah Berdaulat merupakan agenda tahunan sejak tahun 2012 yang bertujuan memastikan ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas dan layak edar guna menjaga kelancaran aktivitas perekonomian dan mendukung momentum pemulihan ekonomi nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya