Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang

[dok. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, kembali membuka pendaftaran mudik gratis moda bus dengan kuota 10.000 orang untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Hendro Sugiatno mengatakan, hal ini dilakukan demi melihat besarnya antusiasme masyarakat, yang akan mengikuti program mudik gratis di masa angkutan lebaran 2024/1445 H.

"Tujuannya untuk mengurangi jumlah pemudik dengan sepeda motor," kata Hendro dalam keterangannya, Jumat, 29 Maret 2024.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Ilustrasi mudik gratis.

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

Sebelumnya, Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub juga telah membuka pendaftaran mudik gratis angkutan Lebaran 2024, pada tanggal 6 Maret 2024. Dengan kuota 30.088 kursi untuk arus mudik dan balik, nyatanya kuota tersebut telah terpenuhi saat ini.

Bus Hino RM 280 ABS Jadi Andalan di Kalimantan Tengah

"Sistemnya sama seperti sebelumnya, siapa cepat dia dapat. Dengan ini maka Ditjen Hubdat menyediakan kuota seluruhnya 40.088 orang untuk mudik gratis 2024," ujarnya.

Hendro merinci, dari kuota 10.000 orang ini, jumlah penumpang arus mudik tercatat sebanyak 8.680 orang dan arus balik sebanyak 1.320 orang.

PLN Berangkatkan 38 Bus Mudik Gratis

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Pendaftaran keseluruhan kuota ini akan dilakukan mulai hari, Sabtu, 30 Maret 2024, jam 08.00 WIB melalui aplikasi MitraDarat. Pendaftaran akan ditutup apabila kuota sudah terpenuhi seluruhnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas mudik gratis 2022

Photo :
  • VIVA/Syaefullah

Kota-kota tujuan mudik yaitu sebanyak 26 kota, antara lain yakni Garut, Cirebon, Blora, Boyolali, Cilacap, Tegal, Demak, Jepara, Kebumen, Klaten, Magelang, Madiun, Pati, Malang, Pekalongan, Purwokerto, Semarang, Sragen, Solo, Wonosobo, Tulungagung, Tuban, Wonosari, Bengkulu, Palembang, dan Lampung.

"Untuk kota asal keberangkatan arus balik yaitu sebanyak 7 kota di antaranya Semarang, Purwokerto, Solo, Surabaya, Wonogiri, Yogyakarta, dan Madiun," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya