KAI Sumut Tambah KA Sribilah untuk Antispasi Lonjakan Penumpang Arus Mudik Lebaran 2024

Aktivitas penumpang di Stasiun Kereta Api Medan.(istimewa/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Sumut  – Antispasi lonjakan penumpang selama arus mudik Lebaran 2024, PT Kereta Api Indonesia Divre I Sumut, akan mengoperasikan 1 KA Tambahan Sribilah Utama Fakultatif relasi Medan - Rantau Prapat (PP), mulai 31 Maret-21 April 2024.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

KA tersebut, dengan kapasitas angkut sebanyak 530 tempat duduk. Penambahan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada masa Angkutan Lebaran 2024.

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin mengungkapkan bahwa tiket KA tambahan tersebut, sudah dapat dipesan mulai Sabtu, 30 Maret 2024 melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya.

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Ilustrasi kereta api melintas.

Photo :
  • KAI

"Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api," sebut Anwar, Sabtu 30 Maret 2024.

Musa Rajekshah: Bismillah, Saya Siap Maju Jadi Calon Gubernur Sumut

Anwar mengatakan, total KAI Divre I Sumut menambah 23.320 tempat duduk untuk KA tambahan Sribilah Utama Fakultatif selama masa Angkutan Lebaran dengan pemberhentian di Stasiun Medan, Tebing Tinggi, Kisaran, Mambang Muda dan Rantau Prapat (PP).

"PT KAI Divre I Sumut, menambah 1 perjalanan KA Sribilah Utama Fakultatif per harinya dengan rute Medan - Rantau Prapat (PP), KA tambahan tersebut menggunakan rangkaian kereta kelas Ekonomi untuk mengakomodir masyarakat yang akan pulang ke kampung halaman menggunakan jasa kereta api untuk merayakan lebaran bersama keluarga," jelas Anwar.

Hanya dengan membayar Rp 115 ribu hingga Rp 120 ribu masyarakat sudah dapat memanfaatkan layanan KA Tambahan Sribilah untuk mudik Lebaran. 

"Selain itu, hadirnya KA tambahan ini menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan serta merupakan wujud komitmen KAI untuk melayani masyarakat dengan selamat, aman dan nyaman,” kata Anwar.

Sementara itu dari data yang masuk, sampai dengan hari ini, Sabtu 30 Maret 2024, tiket KA masa Angkutan Lebaran 2024 telah terjual sebanyak 57.052 tiket atau 26?ri total tiket yang disediakan sebanyak 219.208 tiket.

Jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung. Masyarakat dapat segera melakukan pemesanan karena tiket KA Lebaran masih cukup banyak tersedia.

Selain memberikan kemudahan pemesanan bagi masyarakat yang ingin bepergian dengan kereta api pada masa Angkutan Lebaran 2024, PT KAI Divre I Sumatera Utara juga memberikan kemudahan apabila ada masyarakat yang ingin melakukan pembatalan tiket.

Kereta api di wilayah Daop IV Semarang/Ilustrasi.

Photo :
  • VIVA/ Dwi Royanto.

“Saat ini, cukup dengan aplikasi Access by KAI masyarakat dapat dengan mudah melakukan pembatalan atau mengubah jadwal perjalanan kereta api tanpa harus datang langsung ke stasiun. Pembatalan dan reschedule/ubah jadwal perjalanan kereta api dapat dilakukan maksimal 1 jam sebelum jadwal KA berangkat dengan kode booking yang dimiliki berstatus paid/terbayar serta belum dicetak sebagai boarding pass,” tutur Anwar.

Berikut jadwal keberangkatan KA Tambahan Sribilah Utama Fakultatif:

KA U58A* relasi Medan-Rantau Prapat

- Stasiun Medan: 10.25

- Stasiun Tebing Tinggi: 12.31

- Stasiun Kisaran: 13.59

- Stasiun Mambangmuda: 14.57

- Stasiun Rantau Prapat: 16.30

KA U57A* relasi Rantau Prapat-Medan

- Stasiun Rantau Prapat: 17.05

- Stasiun Mambangmuda: 18.19

- Stasiun Kisaran: 19.27

- Stasiun Tebing Tinggi: 20.55

- Stasiun Medan: 22.43

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya