Pantau Pelabuhan Bakauheni, Menhub Sebut Arus Balik Hari Ini Masih Relatif Landai

Menhub Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • Dok. Kemenhub

Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memantau langsung pergerakan arus balik mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Minggu, 14 April 2024 siang ini. 

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Budi menyebutkan, situasi arus balik mudik terpantau landai pada hari ini. "Alhamdulillah dengan adanya relaksasi yang dilakukan kemarin, hari ini masih relatif landai. Jadi menurut ukuran daripada jumlah kapal yang harus dioperasikan, relatif masih landai," kata Budi dalam jumpa pers di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, yang juga disiarkan secara daring, Minggu, 14 April 2024. 

Kapal Feri di Pelabuhan Bakauheni, Lampung

Photo :
  • tvOne/Pujiansyah
Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Menhub juga memuji Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika dalam menerapkan delaying system (sistem tunda). 

Untuk diketahui, sistem ini menjadi acuan kepolisian setempat untuk memutuskan cara bertindak atau rekayasa lalu lintas guna mengatasi penumpukan pemudik di Pelabuhan Bakauheni.

Heru Budi Kunker ke Jepang, Harap Proyek MRT East-West Groundbreaking Agustus

"Kalau padat maka banyak kapal yang harus dioperasikan secara praktikel, langsung dari sini, langsung di sana bongkar balik lagi tanpa memuat. Nah ini kita lakukan dengan upaya. Selain itu kita juga mengoperasikan Panjang dengan tiga kapal menuju Ciwandan," ujarnya.

Ribuan Kendaraan Lintasi Tol Cipali saat Puncak Arus Mudik Lebaran 2024

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Sebanyak lebih dari 80 persen responden menyatakan puas atas kinerja polisi lalu lintas dalam menjaga keamanan dan kelancaran dalam arus mudik dan balik Lebaran 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024