Arus Balik Gratis Sepeda Motor Semarang-Jakarta, Pelni Wanti-wanti Ini

Mudik gratis sepeda motor.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenhub.

Jakarta – PT Pelni (Persero) mengingatkan kepada para pemudik gratis gelombang kedua rute Semarang-Jakarta agar mendatangi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sebelum pukul 14.00 WIB. Hal ini dilakukan untuk melakukan registrasi ulang. 

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni, Evan Eryanto menyebutkan bahwa perjalanan KM Dobonsolo dari Semarang hari ini akan menjadi gelombang terakhir untuk arus balik Program Mudik Gratis Sepeda Motor 2024, yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan RI. 

"Para pemudik balik yang sudah mendaftar maupun go show dan akan kembali ke arah Jakarta dihimbau mendatangi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sebelum pukul 14.00 WIB untuk melakukan registrasi ulang," kata Evan dalam keterangannya, Senin, 15 April 2024.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Para pemudik yang mengendarai sepeda motor memadati Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

"Total masing-masing dua kali pelayaran untuk arus mudik maupun arus balik dari dan menuju Semarang. Untuk keberangkatan arah Jakarta, kapal akan diberangkatkan paling lambat pukul lima sore, jadi jangan sampai tertinggal dengan tetap membawa identitas diri dan STNK," sambungnya.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Dia menjelaskan, untuk gelombang pertama arus balik kemarin, Sabtu (13/4), KM Dobondolo mengangkut sebanyak 1.705 peserta dan 663 unit motor dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Sementara untuk gelombang kedua hari ini, kapal penumpang PELNI tipe 3in1 tersebut berencana mengangkut 2.423 peserta dengan 1.008 unit sepeda motor berdasarkan pendaftar sementara.

"Sebagaimana dengan harapan Pemerintah, kami harap masyarakat dapat memanfaatkan angkutan gratis ini untuk balik ke Jakarta sehingga dapat kembali ke Jakarta dengan aman dan selamat dan kembali beraktivitas seperti biasa," jelasnya.

Sebagai informasi, KM Dobonsolo merupakan kapal penumpang tipe 2000 buatan Jerman tahun 1992. Kapal yang awalnya dapat menampung 2000 orang tersebut kini hanya dapat mengangkut 1000 orang setelah mendapatkan modifikasi atau perombakan di awal tahun 2000 agar dapat mengangkut penumpang sekaligus kontainer dan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya