Asosiasi Pengusaha Pelayaran di Asia Dorong Kolaborasi Regional

Ilustrasi kapal kargo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Jakarta – Asosiasi pengusaha pelayaran di Asia, atau Asian Shipowners’ Association (ASA) menggelar ASA Shipping Dialogue (ASD) 2024 pada 16 April 2024 di Singapura. Sejumlah isu menjadi perhatian stakeholder pelayaran Asia dalam pertemuan tersebut.

Bea Cukai Yogyakarta Beri Izin Tambah Lokasi Usaha untuk Produsen Tembakau Iris Ini

Wakil Ketua Umum ASA Carmelita Hartoto, mengatakan pertemuan ini merupakan agenda rutin yang digelar ASA. Pada tahun ini, forum ini mengangkat tema tentang: Tantangan yang dihadapi Industri Maritim pada tahun 2024 dan Selanjutnya. 

Melalui forum ini, kata Carmelita, semakin memantapkan komitmen para stakeholder pelayaran regional untuk mengedepankan upaya kolaboratif agar terciptanya industri pelayaran regional Asia dan global yang lebih kondusif.

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

“Forum ini menjadi ajang mempererat kolaborasi yang sudah tercipta antar stakeholder pelayaran regional dalam upaya menciptakan iklim usaha pelayaran tetap kondusif di tengah ketidakpastian ekonomi dunia,” kata Carmelita yang juga merupakan Ketua Umum DPP INSA dikutip dalam keterangan resminya, Rabu, 17 April 2024.

Ketua Persatuan Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia, Carmelita Hartoto

Photo :
  • VIVAnews/Agus Rahmat
Suku Bunga BI Naik, Apindo Ungkap 3 Tantangan Ini Hantui Pengusaha

Menurut Carmelita, selain menyoroti sejumlah tantangan dunia pelayaran regional dan global, ASD 2024 juga menjadi ajang saling bertukar pengetahuan, informasi dan pengalaman antara pemimpin perusahaan pelayaran dunia dan asosiasi pelayaran regional.

Forum ASA Shipping Dialogue yang dihadiri sejumlah pemimpin industri pelayaran dunia, pemerintah, petinggi dan tokoh maritim dunia dan regional Asia untuk menyoroti tantangan-tantangan pelayaran di sistem perdagangan emisi Uni Eropa (EU-ETS), tantangan transisi kemaritiman yang adil bagi pelaut, dan tantangan keamanan maritim dunia saat ini. Setiap topik diskusi diisi oleh para narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing. 

Acara dibuka Assistant Chief Executive MPA Mr. Kenneth Lim, dilanjutkan dengan keynote speech Sekretaris Jenderal International Maritime Organization (IMO) Mr. Arsenio Antonio Dominguez Velasco, dan Presentasi dari Ketua ASA, Mr. Angad Banga.

Carmelita melanjutkan, keterlibatan seluruh pihak, dari pemerintah, para pelaku usaha pelayaran dan organisasi pelayaran sangat penting dalam ikut menjaga keamanan dan keselamatan pelayaran di Asia agar tetap aman dan stabil. Sehingga, perdagangan internasional melalui Asia tetap lancar.

“Keterlibatan seluruh pihak sangat penting dalam menjaga keamanan pelayaran di Asia, mengingat Asia berperan penting dalam kelancaran perdagangan dunia,” kata Carmelita. 

Dalam forum tersebut, Carmelita yang juga Ketua Umum Federation of ASEAN Shipowners Association (FASA) berkesempatan memberikan closing remarks di akhir forum ASA Shipping Dialogue 2024 ini. Dia mengapresiasi seluruh para narasumber yang telah memberikan pandangan terkait sejumlah topik di ASD 2024. Dia berharap, forum ini menambah wawasan baru yang lebih mendalam bagi dunia pelayaran regional Asia, sehingga memberikan dampak positif bagi perkembangan pelayaran Asia. 

Di sela-sela forum ASD 2024, Carmelita juga menghadiri rapat bersama anggota ASA lainnya untuk membahas terkait keanggotaan Maritime Industry Australia Limited (MIAL) di ASA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya