Rupiah Mulai Menguat ke Level Rp 16.172 per Dolar AS

Ilustrasi rupiah dan dolar AS.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot mulai perkasa pada perdagangan Kamis, 18 April 2024. Rupiah menguat sebesar 48 poin atau 0,29 persen ke posisi Rp 16.172 per dolar AS.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 16.240 per dolar AS. 

Analis PT Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi memperkirakan mata uang rupiah akan ditutup menguat pada hari ini terhadap dolar AS.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

"Hari ini mata uang rupiah fluktuatif namun (diperkirakan) ditutup menguat," kata Ibrahim dalam risetnya, Kamis, 18 April 2024. 

Petugas jasa penukaran valuta asing memeriksa lembaran mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

Ibrahim menyoroti soal Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) yang kembali mempertahankan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun  2024 di angka 5 persen.  

"IMF tak mengubah proyeksinya terhadap ekonomi Indonesia di angka 5 persen. Setidaknya IMF telah konsisten terhadap prospek ekonomi Tanah Air dalam tiga laporan berturut-turut," jelasnya.

Ibrahim mengatakan, meskipun IMF mempertahankan prospek ekonomi tahun ini, namun IMF terpantau mengerek proyeksi ekonomi RI pada 2025 menjadi 5,1 persen dari sebelumnya sebesar 5 persen.

"Hal itu sejalan dengan IMF menyebutkan bahwa negara berkembang yang tergabung dalam G20, salah satunya Indonesia, memegang peran penting bagi aktivitas ekonomi global. Indonesia sebagai produsen utama terbesar untuk transisi energi, yakni nikel," terangnya.

Adapun pada hari ini, Ibrahim memperkirakan bahwa nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan ditutup menguat di rentang Rp 16.170-Rp 16.250.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya