Gunung Ruang Erupsi, 4 Penerbangan dari Soetta Menuju Manado Dibatalkan

Gunung Api Ruang di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara
Sumber :
  • Antara

Tangerang - PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta atau Soetta mencatat ada sejumlah penerbangan yang dibatalkan usai Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi. Status Gunung Ruang kini masuk dalam level IV (Awas).

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Berdasarkan hasil pemantauan Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional (BNPB), baik visual dan instrumental, situasi Gunung Ruang menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik.

Senior Branch Communication and Legal, Holik Muardi menjelaskan pembatalan penerbangan itu sejalan dengan diterbitkannya Notice to Airmen (NOTAM) Nomor A0998/24 NOTAM terkait Penutupan Bandara Sam Ratulangi (MDC) Manado.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

Photo :
  • ANTARA

Dari laporan, tercatat ada 4 penerbangan dari Bandara Soetta ke Manado maupun sebaliknya yang dibatalkan. Berdasarkan laporan, maskapai penerbangan yang batal itu adalah Garuda Indonesia dan Batik Air.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

"Penerbangan Garuda Indonesia rute CGK - MDC dengan nomor penerbangan GA 600 dan sebaliknya dengan nomor penerbangan GA 607 rute MDC-CGK dibatalkan," kata Holik, Kamis, 18 April 2024.

Selain itu, penerbangan Batik Air yang sedianya bertolak dari Bandara Soetta ke Bandara Sam Ratulangi pada pukul 10.40 WIB juga dibatalkan. Pihak AP II pun terus melakukan koordinasi dengan maskapai penerbangan.

"Pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6272 rute CGK - MDC dan rute sebaliknya dengan nomor penerbangan ID 6275 dibatalkan," tutur Holik.

"Dengan ini kami berkoordinasi juga bersama maskapai untuk memberitahu para penumpang terkait dengan situasi penerbangan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya