Menkeu Buktikan Prediksi Bank Dunia Meleset

Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Merespons Bank Dunia yang memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2011 hanya 6,1 persen, Menteri Keuangan Agus Martowardojo siap membuktikan bahwa prediksi itu salah.

Terpopuler: Indonesia U-23 Fenomenal, Ernando Ari Kepikiran Arkhan Fikri

Agus meyakini, pertumbuhan ekonomi nasional bisa mencapai 6,4 persen. "Kami (akan) buktikan bisa 6,4 persen," kata Agus Martowardojo di Jakarta, Kamis 10 Februari 2011.

Menurut Agus, keyakinan yang dimiliki pemerintah itu bukan hanya ucapan semata. Setidaknya, pemerintah memiliki modal pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV-2010 yang mencapai 6,9 persen. "Jadi, kami harus optimistis bisa lebih baik," katanya.

Disinggung keputusan Bank Indonesia (BI) yang tidak lagi menerbitkan Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dengan tenor di bawah 9 bulan, Menkeu menyambut baik langkah bank sentral itu. "Saya yakin BI yang paling tahu," katanya.

Sebelumnya, pemerintah beranggapan langkah BI tersebut bakal menunjang upaya menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN) bertenor satu tahun. Dengan penghapusan SBI bertenor pendek, diharapkan para investor akan mengalihkan dananya ke SBN tersebut.

Sementara itu, terkait penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang terus berlangsung, Menkeu mengaku belum memiliki rencana mengubah asumsi makro yang sudah disusun pada awal tahun. Pemerintah setidaknya tidak akan mengubah asumsi tersebut sampai evaluasi pada pertengahan tahun mendatang.

Asumsi nilai tukar rupiah yang dipakai sebesar Rp9.250 per dolar AS saat ini dianggap sebagai jangkar asumsi yang akan dijadikan patokan instansi terkait untuk menjaga target.

Selain nilai tukar, asumsi lain yang ditetapkan pemerintah adalah patokan harga rata-rata minyak dunia sebesar US$80 per barel dan inflasi 5,3 persen. "Inflasi akan coba kami atasi dan diharapkan akan lebih baik," ujar Agus. (art)

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi
Pimpinan Ponpes Tajul Alawiyyin, Habib Bahar bin Smith

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Artikel top trending pertama yakni mengenai Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep tengah disorot oleh para pembaca

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024