Menkeu RI Pegang Prancis Jadi Direktur IMF

Dirut Bank Mandiri, Agus Martowardojo
Sumber :
  • daylife.com

VIVAnews - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mendukung Menteri Keuangan Prancis, Christine Lagarde, sebagai Direktur IMF. Christine meupakan kandidat kuat pengganti Dominique Strauss-Kahn yang terpaksa harus mundur dari jabatannya karena kasus pelecehan seksual.

"Secara pribadi saya sangat mendukung Prancis," kata Agus, di sela acara World Economic Forum for East Asia di Hotel Shangrila, Minggu 12 Juni 2011.

Agus Marto mengenal Menkeu Prancis, Christine Lagarde, sebagai sosok yang profesional, pandai berinteraksi dengan lembaga dan juga memiliki integritas dan keahlian yang tinggi. Agus juga mengatakan bahwa  Lagarde memiliki pengalaman yang mumpuni baik pada lembaga pemerintah maupun non-pemerintah.

Di lembaga non-pemerintah, Lagarde pernah berprofesi sebagai pengacara yang handal dan lama menjadi pimpinan perusahaan multinasional. Christine juga mengetahui tentang pasar karena sempat menjabat menteri perdagangan dan saat ini menjadi menteri keuangan Prancis.

Lantas apa implikasinya terhadap Indonesia sehingga Menkeu sangat mendukung calon Direktur IMF dari Perancis ini?

Menurut Menkeu, selain memiliki interpersonal skill yang sangat baik, Christine juga dinilai sangat komunikatif dan memberikan perhatian yang tinggi pada Indonesia. Hal ini dibuktikan Christine dengan menyediakan waktu khusus untuk menyambangi Indonesia.

"Jadi Christine Lagarde adalah satu figur yang cocok untuk memimpin IMF," kata Agus.

Dengan adanya regenerasi dalam tampuk kepemimpinan IMF dengan Lagarde sebagai Direktur IMF yang baru, Agus berharap ke depannya hubungan antara IMF dengan Indonesia dapat membaik. (umi)

Menang di Laga Perdana Proliga, Jakarta LavAni Akui Masih Punya Kekurangan
Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar

Nasdem Bakal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PKS Sebut Surya Paloh Cantik Bermain Politik

Partai Nasdem menyatakan akan bergabung dalam koalisi pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka setelah sang ketua umum Surya Paloh bertemu dengan Prabowo.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024