Apple, Perusahaan Paling Inspiratif

Apple Profit
Sumber :
  • Getty Images

VIVAnews - Konsumen begitu tergila-gila dengan Apple iPod, iPhone, dan iPad. Tak cuma itu, mereka juga begitu mengagumi kepemimpinan Steve Jobs yang sangat visioner.

Survei terbaru dari perusahaan konsultan merek asal Georgia, Global Institute for Inspiration (GII) menobatkan perusahaan asal Cupertino, California, ini sebagai perusahaan teknologi raksasa Amerika yang paling inspiratif untuk tahun ini.

GII melakukan survei terhadap 1.533 konsumen untuk mengidentifikasi perusahaan yang paling inspiratif di Amerika Serikat. Survei ini dilakukan secara online dengan mempertanyakan apakah perusahaan menepati janji atau tidak, dan apakah perusahaan menepati komitmen sebagai perusahan terbaik dan inovatif atau tidak.

Terry Barber, chief officer GII, mengatakan, tujuan survei ini untuk menemukan korelasi antara perusahaan yang sukses dan perusahaan yang bisa menginspirasi konsumen.

Apel melompat ke posisi teratas dari nomor tiga pada 2010. "Responden jelas terinspirasi oleh kemampuan Apple untuk terus berinovasi, tapi yang lebih signifikan adalah bagaimana konsumen merasa sebagai pelanggan yang terinspirasi," kata Barber, seperti dikutip dari Forbes, Rabu 28 September 2011.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun

Perusahaan lain dalam daftar itu adalah Johnson & Johnson (No 9) dan Target (No 13). Mereka memperoleh peringkat melalui rencana peningkatan global. Selama satu dekade, Target telah menyumbangkan 5% dari keuntungan sebelum pajak ke kota-kota di mana perusahaan beroperasi.

Walmart mendapat peringkat ketiga karena responden mengatakan perusahaan itu terus menjaga janji-janjinya.

Meskipun survei tidak menanyakan langsung tentang hubungan perusahaan dengan karyawan, perusahaan dengan reputasi baik bagi karyawan mendapat peringkat tinggi. Google, peringkat keempat, dikenal karena memiliki salah satu lingkungan kerja terbaik, menyediakan makanan dan hiburan gratis, serta mendorong karyawan menghabiskan 10 persen waktu mereka pada proyek-proyek kreatif yang tidak berhubungan dengan pekerjaan sehari-hari.

Perusahaan kopi raksasa Starbucks menempati posisi ke 25, karena menawarkan pemberian tabungan US$401 ribu dan opsi saham untuk para pekerjanya.

"Survei ini menyoroti fakta bahwa konsumen bersedia menghargai perusahaan dan merek dengan loyalitas," kata Barber.


Berikut urutan perusahaan-perusahaan paling inspiratif:
1. Apple Inc (peringkat 2010: 3)
2. Walmart (5)
3. Microsoft (1)
4. Dell (20)
5. Google (2)
6. Nike (13)
7. Sonny (-)
8. Coca-Cola (21)
9. Johnson & Johnson (8)
10.Amazon (-)

(eh)

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya
Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024