Buffet: 50 Ribu Orang Kaya AS Bisa Kena Pajak

Berkshire Hathaway Profit
Sumber :
  • Getty Images

VIVAnews - Inisiator pengenaan pajak orang kaya Amerika Serikat, Warren Buffet, yang sebelumnya mengusulkan ide tanpa syarat, menurunkan batasan pengenaan pajak bagi orang kaya itu. Buffet membatasi pajak orang kaya hanya pada 50 ribu chief executive officer (CEO) dan investor atau masyarakat yang memperoleh pendapatan lebih dari US$250 ribu per bulan sesuai target dari pemerintahan Barack Obama.

Hal tersebut disampaikan Buffet ketika berkunjung ke Bursa Efek New York (NYSE) seperti dikutip VIVAnews.com, Senin, 3 Oktober 2011 dari laman Forbes. Pada hari yang sama, Buffet juga menggelar penggalangan dana untuk pemerintahan Obama di sebuah restoran di Manhatan yang dihadiri 100 pebisnis dan pekerja di Wall Street.

Langkah Buffet selama krisis ekonomi dunia berlangsung memang cukup mengejutkan. Selain mengusulkan pengenaan pajak bagi orang-orang kaya AS, Buffet juga menganggap krisis saat ini tidak sedang terjadi di negara Paman Sam tersebut.

Melalui perusahaannya, Berkshire Hathaway Inc, Buffet justru berencana mengeluarkan dana sebesar US$7 miliar pada tahun ini untuk membangun pabrik dan perlengkapannya di daratan AS.

Seorang pengelola dana di AS mengungkapkan Berkshire telah membeli kembali saham perusahaan senilai US$8 miliar sepanjang 2011. Nilai itu belum termasuk investasi senilai US$5 miliar yang ditanamkan di Bank of America (BoA).

Buffet menegaskan, saham Berkshire saat ini dijual pada harga di bawah nilai pasar. Saham Berkshire diperdagangkan pada level US$108 per saham, atau setara nilai buku ditambah 10 persen.

Salah satu orang kaya di dunia itu juga mengatakan Berkshire telah menjual seluruh obligasinya yang dimilikinya di Eropa --kecuali obligasi Jerman--, 18 bulan yang lalu, ketika krisis Eropa sudah mulai tercium.

Seperti diketahui, usul Buffet untuk mengenakan pajak bagi orang kaya ditangkap oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Presiden kulit hitam pertama AS ini bakal mengusulkan kebijakan pajak dengan nama Buffet Tax yaitu pajak bagi kalangan masyarakat yang memperoleh pendapatan lebih dari US$1 juta per tahun.

Proposal pengajuan pajak orang kaya ditambah usulan lain ke kongres AS yang diharapkan bisa menambah anggaran sebesar US$3 triliun lebih dari 10 tahun itu, kemungkinan akan menghambat upaya Obama maju dalam pemilihan Presiden 2012 serta tidak akan terlalu banyak menambah pendapatan negara. (art)

IHSG Dibayangi Konsolidasi Wajar Jelang Rilis Data Cadangan Devisa
Ganjar Pranowo saat hadir dalam sidang Perselisihan Pilpres 2024 di MK

Ganjar Ngaku Siap jadi Oposisi Prabowo, Senior PDIP Bilang Itu Murni Pribadi Bukan Partai

Mantan capres Ganjar Pranowo mengaku siap jadi oposisi pemerintahan Prabowo-Gibran periode lima tahun ke depan.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024