Robert Bantah Uang ke Budi Mulya dari Century

Pansus Angket Century Panggil Robert Tantular
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Mantan pemilik Bank Century Robert Tantular mengakui meminjamkan uang Rp 1 miliar kepada Deputi Gubernur Bank Indonesia Budi Mulya, Agustus 2008. Namun, Robert melalui pengacaranya membantah uang tersebut diambil dari Bank Century.

Triyanto selaku pengacara Robert menjelaskan bahwa Robert mengambil uang dari perusahaan properti milik kliennya, PT CBI, untuk kemudian diserahkan kepada Budi Mulya yang terlilit masalah dalam proyek tanah di Kuningan, Jakarta.

Apakah ada uang dari Bank Century yang mengalir ke perusahaan itu? "Tidak ada. CBI terputus dari Century," kata Triyanto dalam perbincangan dengan VIVAnews.com.

Meski saat itu Robert pemilik Bank Century, imbuh Triyanto, namun kliennya tidak ada di bagian operasional. "Robert kan pemilik saham, bukan di bagian operasional."

Sebelumnya, Triyanto menjelaskan bahwa  ihwal urusan pinjam ini bermula saat Budi memiliki proyek tanah namun berurusan dengan pengadilan. Budi, lanjutnya, butuh uang untuk mengurus surat-surat tanah tersebut. "Dia lantas menawarkan ke Pak Robert untuk kerjasama dalam proyek tanah ini," kata dia.

Setelah memeriksa semua hal yang berkaitan dengan tanah itu, Robert mengaku tidak minat dengan kerjasama. Tapi, Robert bersedia memberikan pinjaman kepada Budi sebesar Rp1 miliar pada Agustus 2008, bukan bulan September seperti yang sudah diberitakan. "Diberikan dalam bentuk cek. Dan ada surat utangnya," kata dia. Awal 2009, kata Triyanto, Budi melunasi utang ini.

Akibat kasus ini, Bank Indonesia mengurangi kewenangan Budi. Budi Mulya yang semula menangani pengelolaan moneter dan devisa, kini menanganani bidang unit penyelesaian aset, kesekretariatan dan unit museum. (umi)

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir
Polisi bekuk pelaku begal yang bacok siswa SMP di Depok

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Begal itu menyasar pelajar dan perempuan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024