Apa Untung Sumbar dari Jembatan Selat Malaka

Jembatan Selat Malaka
Sumber :
  • Strait of Malacca Partners Sdn Bhd

VIVAnews - Pelaku bisnis pariwisata di Sumatera Barat sangat berharap Jembatan Selat Malaka direalisasikan. Menurut Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Sumbar, Maulana Yusran, jembatan itu akan menggenjot perkembangan pariwisata Sumatera Barat.

Nagita Dihujat Karena Suka Kasih Makanan Sisa, Begini Pembelaan Raffi Ahmad

Maulana menyatakan, turis dari Malaysia dan Singapura akan semakin deras masuk ke Sumatera Barat. Saat ini saja, wisatawan dari Malaysia dan Singapura diperkirakan sudah mencapai 200 ribu orang per tahun.

"Mungkin mereka akan memilih berbisnis di Riau, tapi, mereka akan menghabiskan waktunya untuk berlibur di Sumbar," kata Maulana yang akrab disapa Alan itu kepada VIVAnews, Kamis 13 Oktober 2011.

Di Balut Kabut Putih Rimba Papua, Pasukan Operasi TNI Evakuasi Mayat Alex yang Ditembak Mati OPM

Jembatan Selat Malaka, kata Alan, akan membuat akses warga di Semenanjung lebih mudah. Alan mengatakan, pergerakan orang di Malaysia dan Singapura melebihi dari apa yang terjadi di Indonesia. Ia mencatat, angka pergerakan turisme kedua negara tetangga itu mencapai 10 juta orang. Jika akses darat terwujud, dengan adanya jembatan dari Riau ke Malaysia, angka kunjungan ke daerah-daerah di Sumatera khususnya Sumatera Barat bakal meningkat.

Selama ini, wisatawan Malaysia mendominasi kunjungan ke Sumatera Barat. Kedekatan sejarah menjadi salah satu alasan tingginya jumlah wisman asal Malaysia dibanding dari negara lain.

Marselino Ferdinan Dihujam Cibiran, Coach Justin Beri Pesan Penting

Meskipun pasca gempa 2009 angka kunjungan wisatawan asal Malaysia mengalami penurunan, PHRI Sumbar optimistis angka ini akan terus membaik. "Apalagi bila jembatan ini benar-benar diwujudkan, pasti akan mempermudah akses bagi kedua kawasan," katanya.

Alan pun menepis anggapan jika pembangunan jembatan tersebut akan lebih menguntungkan Malaysia dibanding Indonesia. Menurutnya, akses darat ini akan menguntungkan kedua belah pihak. "Kita diuntungkan, Malaysia pasti juga akan mendapatkan keuntungan dari pembangunan jembatan itu nantinya," kata Alan.

Penasaran dengan proyek ambisius ini? Baca:

- Desain Jembatan Selat Malaka

- Jembatan Malaka, Proyek Ambisius RI-Malaysia

(Laporan Eri Naldi, Padang | kd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya