Anas Urbaningrum Kritik Impor Udang

Anas Urbaningrum di Indramayu, Jawa Barat
Sumber :
  • VIVAnews/Syahrul Ansyari

VIVAnews - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengatakan Indonesia memiliki potensi besar di bidang pertambakan udang dan budidaya ikan lainnya. Menurutnya, jika potensi itu dimaksimalkan maka petani tambak dan rakyat akan sejahtera.

"Budidaya perikanan luas sekali untuk digarap dan kalau peluang besar ini tergarap akan meningkatkan kesejahteraan rakyat, petambak, nelayan," kata Anas.

Hal itu disampaikan Anas saat menggelar kegiatan Panen Udang bersama puluhan masyarakat di Desa Lamaran Tarung, Kecamatan Cantigi, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Kamis 26 Januari 2012.

Menurut catatan Anas, produksi udang di Indonesia selama satu tahun selama ini adalah 5 juta ton. Sementara, potensi besarnya mencapai 55-56 jt ton. "Jadi harus ditingkatkan produksi budidaya perikanan khususnya udang," jelas Anas.

Impor Tak Elok

Dalam kesempatan itu, Anas sedikit menyentil kebijakan pemerintah yang lebih suka impor untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Menurutnya, hal itu tidak elok ketika di saat bersamaam potensi petani lokal untuk berproduksi tidak dimaksimalkan.

"Kita harap pemerintah ke depan perhatiannya makin baik. Petambak, nelayan makin semangat. Kebutuhan ikan dan udang makin banyak. Kalau tidak terpenuhi impor, impor kan tidak elok. Kita harap sektor perikanan kita berdikari," terangnya.

Menurut Anas, nelayan membutuhkan perlindungan kebijakan. Hal itu sebagai komitmen untuk mensejahterakan mereka. "Nelayan butuh program-program yang membela. Yang penting (dari pemerintah) adalah kerja-kerja untuk kesejahteraan rakyat makin ditingkatkan," ucapnya. (eh)

Pj Gubernur NTB Maju di Pilkada, Mendaftar Lewat Nasdem
Selena Gomez

Selena Gomez Absen di Met Gala 2024, Ternyata Gara-gara Ini

Selena Gomez jadi salah satu seleb yang sangat dirindukan tampil di karpet merah Met Gala 2024, tapi sayang tahun ini harus absen sama seperti Rihanna juga Taylor Swift.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024