Wamena, Kota Pertama 100% Listrik Pintar

Ilustrasi.
Sumber :
  • Antara/ M Ali Khumaini

VIVAnews - Siapa menduga, antusiasme masyarakat di ujung timur bumi nusantara terhadap penggunaan listrik pra bayar atau Listrik Pintar terus meningkat. Ibukota Kabupaten Jayawijaya, Wamena, menjadi ibukota pertama yang seluruh pelanggannya menggunakan layanan Listrik Pintar.

Manajer PLN Wamena, Sudharmono, menjelaskan daerah Lembah Baliem, yang berada di sekitar kawasan Pegununungan Jayawijaya, Provinsi Papua, seluruh pelanggannya sudah menggunakan layanan Listrik Pintar sejak Oktober 2011.

“Kami secara intensif melakukan sosialisasi ke kampung-kampung, dari honai ke honai, ke pasar-pasar hingga kantor pemerintahan untuk menyampaikan kepada masyarakat mengenai keuntungan layanan Listrik Pintar,” ujar Sudharmono dalam keterangan tertulis kepada VIVAnews.

Pada Oktober 2011, sekitar 7.300 pelanggan PLN Wamena telah menggunakan layanan Listrik Pintar. Dan pada Agustus 2012, jumlahnya terus meningkat seiring penambahakan jumlah pelanggan PLN Wamena yang mencapai 8.800.

Seorang pelanggan PLN, Desmon Yikwa, menjadi pelanggan Listrik Pintar sejak Januari 2012. Petani di daerah Kurulu, delapan kilometer dari pusat kota Wamena, ini menyatakan lebih mudah mengontrol pemakaian listrik di rumah dengan Listrik Pintar.

Untuk mendapatkan voucher Listrik Pintar, ia biasa membeli di loket PLN atau di salah satu kios di pasar Nayak, Wamena. “Saya isi voucher listrik Rp50 ribu untuk pakai hampir dua bulan, irit sekali untuk saya yang hanya seorang petani,” ujar Desmon.

General Manager PLN Papua dan Papua Barat, Robert Sitorus, menambahkan, setelah Wamena, sejumlah wilayah sepeti Kota Sarmi dan Kaimana juga akan memiliki 100 persen pelanggan yang menggunakan layanan Listrik Pintar. (sj)

Nama Ayah Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Muncul di Sidang Gratifikasi-TPPU Gazalba Saleh, Apa Perannya?
Raditya Dika dan anaknya, Alea

Ngefans Banget Sama Pokemon, Raditya Dika Sampai Diledek Anak

Masa muda Raditya Dika yang penuh dengan kegemarannya mengoleksi barang-barang dari karakter Pokemon masih terbawa sampai ia menikah dan mempunyai anak.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024