Kadin Minta Swasta Dilibatkan dalam Pelayanan Kesehatan

Warga Antri Pembuatan BPJS Kesehatan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mendorong terlibatnya peran swasta dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan yang dilakukan .

Mutasi Besar-besaran di Tubuh BPJS Dipertanyakan

"Peran swasta sangat terbatas, memang perlu dilibatkan," kata Wakil Ketua Kadin Bidang Pendidikan dan Kesehatan, James Riyadi di Jakarta, Kamis, 26 Februari 2015.

Dia mengatakan, keterlibatan swasta diperlukan dalam pelaksanaan program pemerintah. Pasalnya, pelaksanaan program kesehatan ini terbentur dengan kurangnya fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan tenaga kesehatan.

BPJS Prediksi Pencairan Dana JHT Capai Rp18 Triliun

Menurut dia, kalau swasta dilibatkan, setidaknya ada fasilitas kesehatan yang bisa dibangun untuk mendukung pelaksanaan program ini. "Swasta bisa dilibatkan untuk membuat klinik, khususnya di daerah," ujarnya menambahkan.

Program BPJS Kesehatan perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak. Hal ini bertujuan agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat bisa berjalan baik.

Sifat Kepesertaan Wajib BPJS Digugat ke MK

"Secara umum program nasional yang bagus harus didukung dan mendapatkan partisipasi dari semua pihak. Kalau tidak, ya, tidak jalan."

Baca juga:

Ilustrasi kartu BPJS resmi

28 Orang Pegang Kartu BPJS Palsu di Koja

Kasus ini terbongkar saat korban berobat di Puskesmas Koja.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016