Begini Cara Pakai Kios Tiket Elektronik KAI

Kios tiket elektronik KAI
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arie Dwi
VIVA.co.id
Hari Ini 172 Kampus Muhammadiyah Serentak Gelar Aksi Bela Palestina dan Kutuk Israel
- PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah meluncurkan satu fasilitas kios elektronik. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Suvenir Bahan Bangunan-Foto Rontgen, Kocaknya Rencana Pernikahan Rizky Febian yang Dirancang Sule
Pada Jumat, 13 Maret 2015, salah seorang karyawan bagian function PT Finnet Indonesia, Punce, menjelaskan cara pakai kios elektronik tersebut. Pertama, calon penumpang harus menekan menu tiket yang tertera di layar electronic kiosk (E-Kiosk) pembelian tiket. Layar akan menampilkan informasi reservasi.

Top Trending: Kiai Rela Serahkan Istrinya ke Oknum Habib Hingga Patung Liberty Berguncang
"Lalu, pilih tanggal keberangkatan. Pilih stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan, serta jumlah penumpang. Nanti, dia akan memunculkan nama kereta yang tersedia dan tekan Booking," kata Punce kepada wartawan di Stasiun Pasar senen, Jakarta Pusat.

Kemudian, layar akan memunculkan tabel rincian penumpang. Nantinya, penumpang diminta mengisi data diri berupa nama, nomor telepon, dan nomor identitas. Nomor identitasnya bisa berupa nomor identitas KTP, SIM, dan paspor.

"Nomor handphone harus dimasukan. Kalau pembayarannya menggunakan uang tunai dan tidak ada kembalian. Nantinya uang kembalian dikembalikan dalam bentuk e-money," kata dia.

Punce melanjutkan, setelah mengisi identitas calon penumpang, masyarakat bisa memilih gerbong dan tempat duduk yang diinginkan. Setelah dipilih, layar akan menampilkan informasi perjalanan, data penumpang, dan informasi harga yang harus dibayar.

Di sana juga tercantum tiga opsi pembayaran, yaitu tunai, T-Money, dan kartu debit. Adapun pembayaran kartu debit menggunakan kartu debit yang berlogo Alto.

"Nanti ada biaya administrasinya sebesar Rp7.500. Nah, sekarang tinggal pilih mau bayarnya bagaimana," kata dia.

Setelah calon penumpang melakukan transaksi pembayaran, mesin akan mengeluarkan struk tanda bayar. Di struk tersebut, tertera kode pemesanan tiket. Kode pemesanan ini nantinya digunakan untuk cetak tiket di fasilitas Cetak Tiket Mandiri (CTM)

"Ada kode booking untuk cetak tiket," kata dia.

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya