Jepang Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan dan Investasi

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Afrika
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma
VIVA.co.id
KAA Usai, Bandung Masih Euforia
- Wakil Menteri Luar Negeri Jepang, Kazuyuki Nakane, mengatakan bahwa melalui Official Development Assistance (ODA) Jepang, badan khusus yang memberi bantuan ke negara-negara berkembang, akan meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi di negara-negara kawasan Asia Afrika.
VIDEO: Megawati di Barisan Depan Saat Napak Tilas KAA

Nakane menjelaskan, peningkatan kerja sama investasi tersebut, khususnya melalui
Ini Jalur yang Akan Ditutup Besok
public-private partnership (kerja sama pemerintah-swasta) untuk mengembangkan infrastruktur, industri yang meliputi pertanian dan perikanan, sumber daya manusia, serta di bidang kesehatan.


"ODA Jepang akan memperluas dan meningkatkan investasi, baik di sektor publik,  atau swasta, memperluas lapangan kerja, transfer teknologi informasi dan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di Asia dan Afrika," kata Nakane, dalam sambutan di pertemuan para menteri luar negeri sekawasan Asia Afrika, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin 20 April 2015.


Menurutnya, Jepang melihat negara-negara di Afrika menjadi mitra bisnis yang penting.


Melalui Tokyo International Conference on African Development (TICAD) yang dibentuk lebih dari 20 tahun lalu, Jepang berdasarkan pengalamannya di Asia, ikut berkontribusi mengembangkan infrastruktur dan sumber daya manusia di Afrika.


Adapun, rangkaian Konferensi Asia Afrika (KAA) akan berlangsung hingga tanggal 24 April 2015. Ditutup dengan Pertemuan Komemorasi 60 Tahun KAA di Bandung, Jawa Barat. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya