Ini Jalur yang Akan Ditutup Besok

Penutupan arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto
Sumber :

VIVA.co.id - Penutupan jalan sehubungan adanya lanjutan agenda Konferensi Asia Afrika (KAA) masih akan dilakukan besok, Jumat, 24 April 2015. Penutupan jalan kali ini dilakukan untuk memfasilitasi para kepala negara tamu dari hotel menuju Bandara Halim Perdanakusuma untuk diterbangkan ke Bandung.

Beragam Acara Digelar di Kalimas Surabaya Nanti Malam

Kepala Subdirektorat Pendidikan dan Rekayasa Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar, Warsinem mengatakan, penutupan jalan dilakukan sekitar satu jam, yaitu pada pukul 06.10-07.45 WIB.

Menurutnya, penutupan juga dilakukan secara situasional dengan melihat situasi jalan besok.

KAA Usai, Bandung Masih Euforia

"Semua kepala negara dijadwalkan diterbangkan ke Bandung pukul 07.30 WIB sehingga pemberangkatannya dari hotel menuju bandara dilakukan sebelum jam tersebut," ujar Warsinem saat dihubungi, Kamis, 23 April 2015.

Warsinem juga menjelaskan, pergerakan tamu negara menuju Bandara Halim Perdanakusuma tetap sama dengan pemberangkatan sebelumnya yaitu seusai cluster tempat menginap. Dimulai dari cluster 3, lalu cluster 2, dan cluster 1.

VIDEO: Megawati di Barisan Depan Saat Napak Tilas KAA

Lebih lanjut, panitia KAA sudah membagi lokasi hotel menginap delegasi dan kepala negara jadi tiga cluster. Cluster tiga adalah tamu yang menginap di daerah Senayan.

Lalu Cluster dua adalah tamu yang menginap di hotel-hotel di Kuningan dan Jalan Rasuna Said. Kemudian cluster satu ialah tamu yang menginap di Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin. Total ada 20 hotel yang dipakai menginap tamu delegasi dan kepala negara sahabat.

"Nantinya, mereka yang bergerak pertama kali adalah tamu-tamu di cluster 3. Selanjutnya bergerak di urutan kedua ialah tamu di cluster 2. Baru terakhir tamu di cluster 1, semua kepala negara diberangkatkan selang satu menit," jelasnya.

Mengenai rute yang akan dilewati, Warsinem mengatakan sebagai berikut: Kepala negara yang menginap di daerah Senayan akan menuju tol dalam kota arah Cawang lewat Jalan Sudirman, lalu naik ke Jalan Gatot Subroto lewat kawasan Semanggi dan masuk tol melalui Gate Semanggi 1. 

Kemudian kepala negara yang hotelnya berada di kawasan Sudirman-Thamrin akan menuju tol dalam kota melalui Jalan Sudirman, lalu naik ke Jalan Gatot Soebroto lewat kawasan Semanggi, dan masuk ke tol lewat Gate Semanggi 1. 

Lalu tamu yang hotelnya berada di seputar Jalan Rasuna Said akan bergerak melalui Jalan Rasuna Said menuju ke perempatan Kuningan, baru masuk ke tol dalam kota lewat Gate Pancoran.

Sedangkan sore harinya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Risyapudin mengatakan rencananya arus lalu lintas di jalan yang sama akan ditutup mulai sekitar pukul 15.00 WIB. Sebab kepala negara yang mengikuti puncak acara Konfrensi Asia Afrika di Bandung akan kembali lagi ke Jakarta.

"Tapi ini belum pasti, soalnya para kepala negara yang membawa pesawat kepresidenan sendiri kabarnya akan langsung terbang dari Bandung tanpa balik ke Jakarta lagi. Jam penutupan juga masih situasional karena lihat selesai acara di Bandung juga," ujarnya.

Mengenai jalur arteri akan di tutup juga, Risyapudin masih menunggu perkembangan lagi.

"Kami kan hanya mengatur, kebijakan itu tergantung paspampers (pasukan pengamanan presiden). Kalau menurut mereka perlu di tutup ya kita tutup, tapi kalau tidak perlu ya jalan tol saja yang kita sterilkan," tutupnya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya