Promosi, Pemerintah Buka Warung Kopi di Australia

Ilustrasi bubuk atau ampas kopi
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
10 Kota Termahal di Dunia untuk Dirikan Perusahaan
- Pemerintah terus mempromosikan kopi asli Indonesia. Selain mengikuti pameran, pemerintah juga mendirikan warung kopi Indonesia di Australia.

17 Langkah Sederhana untuk Memulai Bisnis

"Produk kopi Indonesia bisa diperoleh di Kafe Rumah Kopi Indonesia, Saman Estate Coffee," kata Atase Perdagangan RI di Canberra, Nurimansyah, dikutip dalam keterangannya, Minggu 17 Mei 2015.
Nikmatnya Kopi Racikan Mahasiswa


Saman Estate Coffee dibuka pada 8 Mei 2015 dan berlokasi di pusat kota, di antara banyak gedung sekitar Docklands-Melbourne. Kafe ini menyajikan biji kopi asli Indonesia yang setiap pagi dipanggang di dalam kafe.


Untuk menarik perhatian, jendela kafe sengaja menggunakan kaca nako yang dibuka, sehingga pada saat biji kopi sedang dipanggang, aroma kopinya keluar menyebar di lingkungan sekitar kafe. Kafe ini juga menjual kopi dalam kemasan bubuk, biji kopi yang sudah dipanggang, dan juga biji kopi yang masih hijau.


CEO dan Founder Saman Estate Cofee, Teuku Syahrial, menyatakan nama Saman diambil dari tari Saman yang berasal dari Aceh. "Tarian yang dilakukan pada saat panen kopi sedang bagus," kata Teuku.


Nurimansyah menambahkan kafe ini juga menawarkan joint-outlet bagi diaspora Indonesia yang ingin menjual kopi Indonesia. Kedai-kedai kopi seperti ini diharapkan bisa tumbuh subur di kota-kota besar di Australia. Dengan begitu, ekspor kopi Indonesia ke Australia akan tetap terjaga dan makin meningkat.


"Ke depan kita bisa sama-sama mempromosikan produk kopi terbaik Indonesia di Australia," kata dia.


Berdasarkan data dari
International Trade Center United Nations
(ITC UN) Comtrade Statistics, total impor kopi Indonesia ke Australia mencapai US$479,5 juta pada tahun 2014. Indonesia menempati posisi kedelapan sebagai eksportir kopi ke Australia, dengan peranan ekspor kopi sebesar 5,01 persen. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya