Menteri Jonan: Proyek Trem Surabaya Batal Dimulai Tahun Ini

61 Penerbangan dari 5 Maskapai Langgar Izin Rute Terbang
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Risma: Jerman Sumbang Rp1,5 Triliun untuk Bangun Trem
- Kementerian Perhubungan memastikan proyek pembangunan angkutan massal cepat (AMC) jenis trem di Surabaya batal dimulai tahun ini. Sebab megaproyek yang diklaim mampu mangatasi kemacetan di kota pahlawan itu masih dibutuhkan pendalaman studi kelayakan.

Ahok Sewot Jakarta Disebut Berantakan Dibanding Surabaya

“Trem belum, tahun ini masih selesaikan studi sambil mulai bangun infrastrukturnya. Lelang pekerjaan infrastruktur, kan, sudah mulai, tapi kecil dulu tahun ini. Tahun depan baru besar,” kata Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, di kampus Universitas Airlangga Surabaya, Rabu, 3 juni 2015.
Siswa SD Menangis Agar Risma Tak Jadi Calon Gubernur Jakarta


Jonan menjelaskan, Pemerintah Pusat menargetkan proyek AMC jenis trem di Surabaya diharapkan bisa dioperasikan pada tahun 2017. Apalagi proyek AMC Surabaya sudah masuk dalam Rancangan Program Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) atau Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) 2015-2019.


“Supporting (dukungan) dari dana APBN, totalnya berapa triliun untuk pembangunan infrastruktur pengadaan sarana. Sementara untuk pengelolanya PT KAI,” katanya, singkat.


Sebelumnya, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, sudah bertemu Menteri Jonan di Surabaya pada 23 November 2011. Salah satu hasil pertemuan di kantor PT KAI Daop VIII, Stasiun Gubeng, itu adalah kesepakatan untuk memulai proyek AMC pada awal 2015. Tahap awal, Kemenhub dan Pemkot Surabaya sepakat merealisasikan pembangunan AMC jenis trem lebih dahulu. Adapun proyek monorel digarap pada tahap selanjutnya.


Rencananya, proyek jalur trem Surabaya akan membelah Kota Surabaya sepanjang 17 kilometer yang menguhubungkan wilayah Surabaya selatan dan utara, yakni dimulai dari Wonokromo, Pandegiling, Embong Malang, Kedungdoro, Pasar Blauran, Pasar Turi, Indrapura, Rajawali, Jembatan Merah, hingga Tugu Pahlawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya