Enam Tips Berhemat Bagi Wanita

Ilustrasi belanja
Sumber :
  • 123rf.com

VIVA.co.id - Bagi wanita, memperhatikan kecantikan diri merupakan hal yang cukup penting. Namun, kaum wanita seringkali dinilai lebih boros daripada kaum pria.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Wanita dianggap lebih sering menghabiskan uang untuk belanja barang-barang fashion, produk kecantikan, dan perawatan tubuh. Ya, memang berbeda dengan pria, wanita memiliki lebih banyak hal yang harus diperhatikan untuk keindahan dirinya.

Tapi, hal ini bukan berarti bahwa wanita tidak perlu berhemat. Berhemat merupakan hal yang harus diprioritaskan bagi wanita modern.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Sebagai wanita modern, sudah saatnya Anda menjadi orang yang independen, jadi Anda harus bisa berhemat supaya cita-cita finansial Anda tercapai.
 
Berhemat merupakan salah satu bentuk dari pengaturan keuangan. Jadi, sudah pasti bahwa ini adalah hal yang sangat diperlukan jika Anda ingin memiliki kondisi finansial yang sehat.

Hal ini mudah, tapi sulit untuk dilakukan. Banyak orang yang gagal untuk berhemat sehingga mengalami kesulitan dalam hidupnya.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Anda pasti tidak mau kan kesulitan finansial? Lakukanlah enam tips ini dan jadilah wanita yang pandai berhemat.

1. Rajin cek harga

Godaan yang paling menggoda para wanita adalah diskon. Banyak wanita yang dengan mudahnya mengeluarkan uang untuk berbelanja barang diskon, padahal harga barang yang didiskon itu tidak selalu lebih murah daripada yang lain.

Karena itu, sebagai wanita modern, Anda harus cermat dalam berbelanja dan rajinlah mengecek harga barang. Jangan langsung tergiur dengan barang di rak diskon, tapi lakukanlah perbandingan harga dari harga normalnya dan barang sejenis dari merk lain.

Setelah yakin bahwa barang itu sudah yang paling murah dan bagus, barulah keluarkan uang Anda.

Selain untuk berhemat, kebiasaan mengecek harga ini juga bisa menghindarkan Anda dari perasaan menyesal setelah belanja loh.

2. Kurangi pengeluaran yang tidak penting

Dalam berhemat, Anda harus mau melakukan hal-hal yang mungkin tidak Anda sukai, yaitu mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Pergi nongkrong di kedai kopi dan makan di restoran mahal adalah contoh dari pengeluaran yang tidak penting.

Dua aktivitas yang menyenangkan itu harus Anda kurangi jika Anda mau berhemat.

Selain itu, biasanya kegiatan berbelanja dilakukan oleh kaum wanita dan umumnya, wanita seringkali suka membeli barang-barang kecil yang menurut mereka lucu, namun sebenarnya tidak penting atau bahkan tidak berguna.

Maksudnya, bukan berarti bahwa Anda harus menjadi pelit, tapi Anda hanya harus lebih cermat dan berpikir panjang saat berbelanja.

Akan lebih baik jika Anda mulai membiasakan diri membuat catatan sebelum pergi berbelanja. Catatlah barang-barang apa saja yang harus Anda beli dan fokuslah untuk hanya membeli barang-barang itu saat berbelanja.

Coba lakukan hal ini dan lihatlah dampaknya pada keuanganmu. Tanpa sadar, hanya dengan melakukan hal ini Anda sudah berhasil berhemat cukup banyak.

3. Jangan terlilit utang kartu kredit

Menggunakan kartu kredit untuk berbelanja memang sangat mudah, tapi jangan sampai kemudahan itu membuat Anda lupa bahwa Anda harus membayar tagihannya di akhir bulan nanti.

Miliki control dalam penggunaan kartu kreditmu supaya Anda tidak terlilit hutang. Apabila Anda sudah terlanjur memiliki hutang kartu kredit yang menumpuk, maka segera lunasi secepat mungkin.

Caranya adalah dengan membagi pendapatan untuk dua tujuan. Pertama, sisihkan sejumlah uang yang akan dipakai untuk keperluan sehari-hari dalam sebulan.

Kedua, sisihkan sisanya untuk melunasi utang kartu kredit.  Bila Anda terlilit utang kartu kredit, Anda jadi susah untuk berhemat karena masih memiliki tanggung jawab melunasi utang itu.

Jadi, kalau mau berhemat, jangan terlilit utang kartu kredit.

4. Pakai ponsel pintar dengan pintar

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, ponsel tidak hanya berfungsi untuk berkomunikasi saja, tapi juga bisa untuk berhemat bahkan menambah uang.

Dalam beberapa aplikasi, tidak jarang yang menawarkan kupon potongan harga atau kupon gratis untuk membeli makanan, minuman, atau barang-barang.

Gunakanlah kesempatan itu dengan baik dan manfaatkan keuntungannya. Anda hanya perlu lebih aktif dan rajin mencoba peruntunganmu. Anda bisa banyak berhemat loh dengan menggunakan kupon-kupon tersebut.

Jadi, jangan ponsel saja yang pintar, tapi Anda juga harus pintar memanfaatkannya ya.

5. Jangan keseringan belanja baju

Belanja pakaian adalah hal yang paling sering dilakukan wanita. Model pakaian yang sering berganti-ganti merupakan salah satu pendorongnya.

Untuk mengikuti tren model pakaian tertentu, maka wanita tidak ragu mengeluarkan uang untuk membeli pakaian baru.

Tapi, kebiasaan ini harus mulai Anda kurangi supaya bisa berhemat. Anda boleh belanja baju baru, tapi jangan terlalu sering.

Selain itu, sebelum membeli, lebih baik cek dulu di lemari, apakah Anda masih memiliki banyak baju yang masih bagus atau yang mirip-mirip dengan tren masa kini dan bisa dimanfaatkan.

Untuk mengikuti tren model terbaru, Anda tidak harus selalu membeli pakaian baru kok, Anda bisa melakukan modifikasi atau “mix and match” agar tampak baru. Baca Juga: 5 Hal Yang Perlu Dan Tidak Perlu Di Hemat (Part 1)


6. Jual barang tak terpakai

Nah, tips ini tidak hanya membuat Anda berhemat tapi juga menambah pendapatan Anda. Apakah Anda memiliki banyak pakaian, aksesoris, elektronik, atau barang lainnya yang sudah lama tidak terpakai? Jual saja barang-barang itu ke orang lain.

Mungkin saja ada orang yang sedang membutuhkan barang itu, jadi Anda bisa mendapatkan uang dan uangnya bisa dipakai untuk ditabung atau membantu pengeluaran bulanan Anda.  Baca Juga: 5 Hal Yang Perlu Dan Tidak Perlu Di Hemat (Part 2)


Wanita yang hebat adalah wanita yang pandai berhemat, karena dengan pandai berhemat, berarti ia mampu mengendalikan dirinya dengan baik.

Bagi wanita modern, berhemat sangatlah penting karena sekarang bukan zamannya lagi wanita hanya bisa bergantung pada laki-laki. Sekarang, wanita harus bisa berdiri sendiri, memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa bergantung dengan orang lain.

Caranya adalah dengan berhemat. Ingat, untuk mencapai kehidupan yang sejahtera dalam aspek finansial, Anda harus pandai berhemat. Anda mau jadi wanita hebat? Ayo mulai berhemat!  Baca Juga: 6 Cara Hemat Dengan Belanja Pintar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya