Jokowi Banggakan Jalan di Kalimantan, NTT dan Papua

Presiden Joko Widodo berkunjung ke Beijing China
Sumber :
  • REUTERS/Feng Li/Pool
VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo mengunggah sejumlah foto yang memperlihatkan aktivitas pembangunan jalan melalui akun resmi Twitter-nya, @Jokowi, pada Kamis, 27 Agustus 2015.
Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop

Foto-foto serupa juga dipasang pada akun resmi Facebook-nya, Facebook.co/presidenID.
Bos Waskita Tak Cemas Anggaran Pemerintah Dipangkas

Tak dijelaskan lokasi foto itu diambil. Pada akun @Jokowi, Presiden hanya menyatakan: "Kemajuan pembangunan jalan perbatasan Kalimantan, NTT dan Trans Papua menggembirakan."
Komisi V Berkomitmen Percepat Infrastruktur Sintang, Kalbar


Dalam akun Facebook-nya, Kepala Negara menguraikan satu per satu klaim keberhasilan Pemerintah dalam membangun infrastruktur jalan, terutama di Kalimantan, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Papua.

Jalan perbatasan Kalimantan sepanjang 771,36 kilometer membentang dari Kalimantan Barat, Kalimantan Utara hingga Kalimantan Timur. Sampai Agustus 2015, ruas yang sudah diaspal mencapai 188,37 kilometer dan ruas yang sudah fungsional sebagai jalan tembus 441,70 kilometer.

Jalan perbatasan NTT sepanjang 171,56 kilometer. Sampai akhir 2015 ditargetkan sepanjang 47 kilometer, tahun 2016 sepanjang 67,61 kilometer, dan tahun 2017 adalah penyelesaian akhir sepanjang 56,95 kilometer.

Sedangkan Jalan Trans Papua sepanjang 4.325 kilometer. Sampai sekarang jalan yang teraspal sudah mencapai 2.075 kilometer. Jalan Trans Papua ditargetkan rampung pada 2019.

Menurut Presiden, total anggaran tahun 2015 untuk jalan perbatasan Kalimantan, NTT, dan Papua adalah Rp2 triliun. Bukan uang yang sedikit. Tetapi, katanya, infrastruktur jalan yang memadai akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menaikkan tingkat kesejahteraan rakyat.

"Pembangunan infrastruktur memudahkan pergerakan dan hubungan antarwilayah. Rakyat akan menikmati turunnya biaya logistik karena efisiensi biaya transportasi. Daerah perbatasan adalah halaman depan rumah Indonesia," kata Presiden, menjelaskan manfaat jalan-jalan itu. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya