Pertamina Pertimbangkan Ganti Nama TPPI

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - PT Pertamina (Persero) telah mengambil alih kilang Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI). Perusahaan pelat merah ini mempertimbangkan kemungkinan nama TPPI diganti.

"Ya (dipertimbangkan untuk diganti)," kata Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto, di kilang TPPI Tuban, Jawa Timur, Rabu, 11 November 2015.

Dwi mengatakan bahwa pihaknya tengah mempertimbangkan nama baru kilang ini. Tak hanya itu, mereka juga mempertimbangkan apakah nama Pertamina turut masuk ke dalam nama baru kilang TPPI.

"Kami akan lihat, apakah masuk nama Pertamina atau yang lain," kata Dwi.

Diketahui, BUMN energi ini mengambil alih operasi kilang TPPI. Kilang tersebut beroperasi awal Oktober 2015. Pengoperasian kilang ini bisa menghemat devisa dalam pengurangan impor BBM dan elpiji.

Kilang TPPI Juga Akan Jadi Kompleks Petrokimia

"Total penghematan devisa negara dari BBM dan LPG dari TPPI mencapai sekitar US$2,2 miliar," kata dia.

Eks direktur utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk itu mengatakan bahwa TPPI bisa menghasilkan premium sekitar 61 ribu per hari, HOMC 10 ribu bph, dan solar 11.500 bph. Tak hanya itu, kilang ini juga bisa memproduksi elpiji hingga 480 metric ton (MT) per hari.

"Manfaat pengoperasian TPPI ini tentu saja tidak sebatas penghematan devisa, akan tetapi banyak aspek. Mulai dari sentimen positif terhadap investasi, ketenagakerjaan, dan efek berganda lainnya," kata Dwi.

Dwi melanjutkan, kilang ini bisa mengolah sekitar 100 ribu bph kondensat. Dari pengolahan itu, akan diperoleh dengan mogas mode akan diperoleh beberapa produk minyak, seperti elpiji, solar, fuel oil, premium, dan HOMC.

Kalau dioperasikan dengan aromatic mode, kilang ini bisa memproduksi petrochemical, seperti paraxylene, orthoxylene, benzene, dan toluene yang dibutuhkan oleh industri nasional. Pengoperasian kembali kilang ini juga memonetisasi investasi sebesar US$2,15 miliar yang ditanamkan sebelumnya.

"Sekitar 700 orang dapat kembali bekerja dan mengimplementasikan keahliannya di TPPI. Ada sekitar 2 ribu lapangan pekerjaan di sekitar TPPI kembali terbuka sebagai efek berantai dari pengoperasian TPPI," kata Dwi. (ase)

TPPI Beroperasi, Jokowi Klaim Negara Hemat Miliaran Dolar

[Baca juga:

Kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI).

BPK Tuntaskan Audit Investigasi TPPI

BPK Telah menyerahkan laporan hasil pemeriksaan ke Bareskim Polri.

img_title
VIVA.co.id
22 Januari 2016