Bangun Kilang Minyak, Dirut Pertamina Temui Menko Darmin

Darmin Nasution
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id - Direktur Utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto mendatangi kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Kedatangannya adalah dalam rangka membahas percepatan pembangunan kilang minyak baru.

Lumpur Pipa Pertagas Luber, Kementerian ESDM Kirim Tim

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, di kantornya, Selasa 17 November 2015. Ia menyatakan bahwa rapat yang digelar hari ini masih terkait deregulasi, sebab pemerintah masih fokus dalam melakukan deregulasi berbagai kebijakan demi mempercepat laju pertumbuhan ekonomi.

"Pertamina? Ya (bahas) mengenai kilang, soal pembangunan kilang, kita lagi menyiapkan perpres (peraturan Presiden), soal kilang. Ini soal percepatan pembangunan kilang baru," ujar Darmin.

Premium Mau Ditarik dari Pasaran, Ini Tahapannya

Darmin menyatakan bahwa kilang yang dibangun bukanlah kilang yang sedang berjalan, melainkan kilang yang baru akan dibangun. "Kilang Tuban? Bukan, bukan yang sudah berjalan atau yang sudah ada, tapi yang akan ada," kata dia.

Sebelumnya diketahui, pemerintah akan menerbitkan peraturan Presiden sebagai dasar hukum untuk mempercepat pembangunan kilang di Tanah Air.

Lumpur Akibat Pengeboran Pipa Pertagas Genangi Jalan Bekasi

Peraturan itu dibuat karena dalam sepuluh tahun ke depan Indonesia butuh empat kilang dengan kapasitas 300 ribu barel per hari untuk menyimpan produksi minyak nasional agar mengurangi impor minyak.

Jalan Raya Marunda Makmur, Kampung Kebon Kelapa, di Kabupaten Bekasi tergenangi lumpur akibat pengeboran pipa gas PT Pertagas pada Selasa, 9 Agustus 2016.

Lumpur Meluber ke Rumah Warga, Ini Penjelasan Pertagas

Lumpur pipa Pertagas meluber ke jalan dan rumah warga di Bekasi.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016