Cara Menghemat Pengeluaran Anak Kedua

Ilustrasi dua anak.
Sumber :
  • Halomoney.

VIVA.co.id – Salah satu hadiah terindah bagi suatu keluarga adalah kelahiran seorang anak. Bagi keluarga yang menginginkan anak lebih dari satu, kehadiran anak kedua dan seterusnya tentu merupakan hal yang juga ditunggu-tunggu. 

Beli Produk Asuransi Secara Virtual, Perhatikan Tahapan Ini

Namun, tentunya menghadirkan anak akan membutuhkan banyak biaya, mulai dari kebutuhan menyusui, membeli perlengkapan bayi, biaya konsultasi dan kesehatan ibu serta anak, dan sebagainya.

Saat mempersiapkan kelahiran untuk satu orang anak saja, Anda mungkin sudah mengeluarkan biaya cukup banyak. Jika budget kita terbatas, perlukah menghabiskan uang dengan jumlah yang sama dengan saat kelahiran anak pertama? Yuk, simak empat cara mengemat pengeluaran untuk anak berikutnya setelah anak pertama:

Layanan Gaji Ini Bisa Bikin Karyawan Lupakan Istilah Tanggal Tua

1. Gunakan ulang perlengkapan dari anak pertama

Apakah anak berikutnya memiliki jenis kelamin yang sama dengan anak sebelumnya? Jika ya, Anda tidak perlu repot lagi membelikan pakaian dan mainan bayi tambahan. Tinggal pakai lagi saja yang lama. 

5 Alasan Pentingnya Punya Perencanaan Keuangan

Jika anak sebelumnya sudah agak besar, Anda bisa pakai stroller dan ranjang tidurnya untuk calon anak baru Anda (yang ini biasanya tidak terpengaruh jenis kelamin).

Baca juga: 5 Tips Cerdas Mengelola Keuangan Menyambut Bulan Ramadhan

2. Minta tolong kepada saudara atau anggota keluarga lain

Saat punya anak pertama, mungkin Anda memilih untuk menggunakan pengasuh anak agar Anda dan pasangan tetap bisa fokus bekerja. Namun, jika Anda perlu menambah lagi pengasuh anak yang dikhususkan untuk anak berikutnya, maka Anda bisa terancam boros. 

Anda bisa meminta bantuan dari saudara seperti orangtua atau saudara kandung yang juga tinggal serumah sebagai tenaga tambahan.

Baca juga: 5 Tips Cerdas Agar Pengajuan Kredit Elektronik Mudah Disetujui

3. Carilah produk asuransi kesehatan ibu anak

Untuk menjaga kondisi kesehatan anak sekaligus ibu, manfaatkan produk asuransi kesehatan yang dikhususkan untuk keluarga dengan anak. 

Penambahan jumlah anak hanya menyebabkan peningkatan premi sekitar 10-15 persen saja, jadi Anda tidak membayar penuh satu macam premi untuk setiap anak. Jika kantor punya fasilitas tunjangan asuransi keluarga, maka manfaatkan tunjangan tersebut.

Baca juga: 4 Langkah Mempersiapkan Mudik Tanpa Menggunakan Pinjaman

4. Manfaatkan promo saat berbelanja perlengkapan baru

Salah satu cara yang umum untuk berhemat adalah menggunakan kartu kredit untuk belanja. Saat hari ibu atau hari anak, sering ada promo belanja untuk perlengkapan ibu anak dan Anda bisa memanfaatkanya untuk berhemat. 

Di luar momen itu, Anda tetap bisa menggunakan kartu kredit yang sesuai jika suatu merchant mengadakan promo untuk barang-barang yang dijualnya.

Agar Anda dapat menemukan kartu kredit yang tepat untuk kebutuhan, coba gunakan situs perbandingan produk keuangan seperti HaloMoney.co.id untuk memudahkan Anda melakukannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya