Akhir Tahun, Harga Ikan Asin di Depok Meroket

Peningkatan Produksi Ikan Asin
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Makna Zaezar

VIVA – Sejumlah kebutuhan pangan di pasar tradisional Kota Depok terpantau mengalami kenaikan harga jelang Natal dan tahun baru. Beberapa di antaranya yang cukup menonjol adalah telur dan ikan asin.

5 Kontroversi Pablo Benua, dari Kasus 'Ikan Asin' Hingga Bela Ponpes Al Zaytun

Namun, untuk sejumlah kebutuhan pokok lainnya rata-rata relatif normal. Hal itu ditegaskan oleh Kapolresta Depok, Ajun Komisaris Besar Polisi Didik Sugiyarto saat melakukan inspeksi secara mendadak ke sejumlah pasar tradisional di kota tersebut, Jumat 23 Desember 2017.

“Ya, hari ini (kemarin) telah kami lakukan monitoring di sejumlah pasar tradisional, salah satunya di Pasar Depok Jaya ini. Alhamdulillah, stok sembako aman dan harga relatif normal, hanya ikan asin dan telur saja yang mengalami kenaikan,” katanya pada awak media.

Suka Makan Ikan Asin? Hati-Hati Risiko Terkena Kanker Nasofaring

Terkait hal itu, Didik berharap harga kebutuhan pokok dapat terus stabil. Ia pun berjanji pihaknya akan rutin melakukan monitoring dan bekerja sama dengan Bulog.

“Kami juga telah melakukan operasi pasar dengan harga murah di beberapa titik pasar tradisional sebagai acuan harga,” jelasnya.

Keputihan Bau Amis Ikan Asin, Hati-Hati Bisa Jadi Pertanda Kutil Kelamin

Sementara itu, Deri, salah satu pedagang ikan asin mengaku, jenis ikan asin yang harganya cukup tinggi saat ini adalah Teri Medan. Salah satu faktor pemicunya adalah cuaca yang menyebabkan ikan tersebut langka.

“Harganya naik jadi Rp120 ribu, biasanya Rp100 ribuan per kilogram,” ujarnya.

Selain ikan teri, harga yang mengalami kenaikan adalah telur ayam yang biasanya kisaran Rp22 ribu per kilogram kini menjadi Rp28 ribu per kilogram.

Kaporesta Depok saat sidak ke pasar tradisional

Foto: Akhir tahun, jajaran Polresta Depok sidak ke pasar tradisional. VIVA/Zahrul Darmawan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya