Ingin Tetap Produktif Meski Kerja di Rumah, Baca Tips Ini

Ilustrasi wanita lakukan bisnis rumahan.
Sumber :
  • rumahku.com

VIVA – Pada dasarnya, bekerja di rumah maupun di kantor memiliki tantangan yang sama, yakni menyelesaikan tugas tepat waktu dan tetap menjaga komunikasi dengan kolega.

6 Manfaat Mengejutkan Ngemil, Ternyata Bisa Bikin Produktif

Tapi tantangan tersebut lebih berat ketika bekerja di rumah, mengapa? Karena distraksi saat Anda kerja di rumah tentu lebih banyak dibandingkan di kantor. Dan juga, tidak adanya atasan yang mengawasi kerja membuat Anda lebih santai dalam bekerja.

Membangun sebuah ruang kerja demi meminimalisir distraksi yang terjadi mungkin dapat menjadi solusi utama. Tapi, apakah distraksi dari internet juga dapat diatasi? Pertanyaan tersebut mungkin tepat.

6 Tips Dapatkan Pola Tidur Berkualitas di Masa Pandemi

Anda yang merasa kesulitan bisa melihat beberapa cara agar tetap produktif bekerja di rumah seperti dikutip dari Cermati.com, Jumat 12 Januari 2018:

1. Gunakan tiga aplikasi ini

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Seperti yang telah disebutkan di atas, distraksi internet adalah masalahnya, menganggu Anda untuk tetap fokus. Tapi terlalu fokus juga membuat Anda lupa istirahat dan dapat menganggu kesehatan.

Agar dapat menyeimbangkan urusan istirahat dan bekerja, Anda dapat memanfaatkan tiga aplikasi yang berguna di bawah ini.

- Rescue Time

Rescue TIme merupakan aplikasi yang berguna untuk Anda yang ingin menganalisis waktu ketika online dan offline di komputer. Anda dapat mengetahui berapa lama waktu yang dihabiskan ketika bekerja, bermain game, atau surfing di internet.

Laporan penggunaan komputer juga akan tercatat juga. Dan hasilnya dapat dianalisis sendiri apa yang paling menyita waktu kala berada di depan komputer. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis kok, buat Anda yang ingin fitur lebih juga ada versi premiumnya.

- Self Control

Aplikasi ini sangat berguna untuk Anda yang mengalami ketagihan mengunjungi situs-situs yang dianggap distraksi. Aplikasi ini dapat memblokir situs yang dianggap sebagai distraksi dengan sangat mudah. Contohnya seperti media sosial, blog, atau bahkan Youtube.

- Time Out

Kalau yang ini berguna untuk mengingatkan Anda beristirahat. Sebagian orang ada yang keasyikan bekerja sampai lupa makan. Daripada menganggu kesehatan, mending install aja aplikasi ini, agar pola hidup Anda seimbang.

2. Sortir isi email secara rutin

Fungsi email sejatinya memang menjadi kotak surat, tapi jangan Anda jadikan sebagai alat untuk komunikasi dengan tim karena membuat surat yang Anda terima akan menumpuk. Disarankan untuk memprioritaskan penggunaan email untuk orang-orang di luar perusahaan dan jangan lupa untuk selalu membersihkan kotak masuk dari surat yang bersifat promosi.

3. Manfaatkan jaringan komunikasi digital

Agar komunikasi lebih lancar dengan tim, gunakanlah google hangout atau slack untuk memaksimalkannya. Kedua aplikasi ini sangat berguna untuk membantu agar dapat terus berkomunikasi dengan tim.

Baik itu google hangout atau slack juga memiliki fitur video call di mana sangat memungkinkan Anda melakukan meeting online.

4. Manfaatkan google docs, slides, dan sheet untuk transfer dokumen

Kalau Anda masih mengandalkan aplikasi seperti Word, Excel, atau Power point secara offline, ada baiknya untuk mulai meninggalkannya. Karena saat ini sudah ada aplikasi yang bisa diakses secara online dan menyimpannya juga secara online.

Tentu saja fitur tersebut dapat lebih memudahkan untuk mengirim hasil kerja dan menerima job desk yang diberikan. Tinggal klik tombol share dan masukan alamat email tujuan, hasil kerja kamu akan terkirim.

Belum lagi aplikasi ini memiliki fitur auto save, sehingga tak perlu khawatir ketika komputer atau laptop mati mendadak, data akan tetap aman tersimpan.

5. Gunakan aplikasi to-do list biar gak lupa sama tugas-tugasmu

Aplikasi to-do-list memang memiliki fitur yang beragam fungsinya pun fleksibel, tapi sejatinya aplikasi ini digunakan sebagai pengingat. Jadwalkan agenda dengan menggunakan Trello dan iDone akan lebih mudah. Cara penggunaan kedua aplikasi tersebut pun tergolong sederhana dan tak terlalu rumit.

6. Jadwalkan meeting dengan google calendar

Ketika bekerja di rumah, Anda akan lebih berpotensi untuk mengalami kelupaan akan jadwal meeting karena tak ada yang bisa mengingatkannya kecuali diri kamu sendiri. Untuk itu, Anda dapat memanfaatkan google calendar sebagai pengingat. Bantuan dari google calendar sangat berguna buat Anda yang sering kelupaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya