Banjir Lowongan, Minat Bekerja Perempuan Saudi Sangat Tinggi

Ilustrasi-perempuan di Arab Saudi
Sumber :
  • CNN News

VIVA – Direktorat Jenderal Urusan Paspor Arab Saudi mengaku terkejut atas tingginya minat perempuan untuk bekerja. Lebih dari 100 ribu perempuan mengajukan lamaran, padahal posisi yang tersedia hanya untuk 140 orang.

Perempuan di Arab Saudi Kini Diizinkan Gabung Militer

Direktorat tersebut membuka lowongan dengan mengumumkannya melalui website mereka pekan lalu. Lowongan dibuka untuk posisi imigrasi bandara atau pesawat kerajaan, terminal bus, dan pelabuhan. Pekerjaan itu ditujukan untuk perempuan Saudi minimal lulusan SMA atau setara.

Diberitakan oleh Al Arabiya, 31 Januari 2018, merujuk pada pernyataan lembaga tersebut, mereka tak menduga peminat sangat membludak. Sejak website direktorat tersebut diluncurkan, diperkirakan sudah 600 ribu warga Saudi yang secara rutin mengunjungi website tersebut.

Sejarah, Arab Saudi Cabut Sistem Hukuman Cambuk

Menurut direktorat, mereka tidak mengharapkan tingkat respons yang tinggi yang mereka capai. Sejak mendirikan situs direktorat, lebih dari 600.000 orang telah mengunjungi situs ini baru-baru ini.

Surat kabar Saudi Sabq menyebutkan, bahwa direktorat paspor terus menerima aplikasi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang tercantum di situsnya. Meski sudah lebih dari 100 ribu pelamar, namun jumlah itu terus bertambah.

Makin Terbuka, Arab Saudi Luncurkan Liga Sepak Bola Wanita

Direktorat mengatakan, setiap aplikasi ditinjau dan diurutkan untuk memastikan mereka memenuhi persyaratan aplikasi.

Beberapa syarat yang diminta oleh direktorat tersebut menetapkan bahwa pemohon harus warga negara Arab Saudi yang lahir dan besar di negara tersebut (mereka yang tumbuh di luar kerajaan sementara ayah mereka melayani negara dibebaskan dari kondisi ini).

Pemohon juga harus berusia tidak lebih dari 25 tahun, tapi tidak melebihi 35. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya