Australia Kecolongan, Gigi Raksasa Predator Kuno Dicuri

Gigi hiu raksasa kuno dicuri di Australia
Sumber :
  • BBC/WA GOVERNMENT

VIVA – Australia kecolongan tatkala gigi ikan hiu raksasa kuno dicuri dari salah satu situs warisan dunia di negara tersebut. Gigi yang berukuran lebih dari 8 Centimeter tersebut hilang dari salah satu taman nasional di pedalaman bagian barat Australia.

Benda Kuno Ditemukan, Pemprov Jambi Harus Belajar dari Daerah Lain 

Dikutip dari laman BBC, fosil tersebut berasal dari spesies Megalodon, salah satu predator zaman kuno yang diyakini hidup pada 2,6 juta tahun silam.

Gigi raksasa itu adalah salah satu dari dua yang ada di Ningaloo Coast, situs warisan dunia yang didaftarkan di UNESCO sebagaimana dilaporkan Departemen Lingkungan dan Konservasi Australia.

Hati-hati, Pencarian Benda Kuno di Jambi Secara Ilegal Dendanya 1 Miliar

"Buruknya lagi yang dicuri adalah spesimen yang paling bagus sementara satu lagi tak terlalu bagus," kata Juru Bicara Taman Nasional, Arvid Hogstrom.

"Padahal staf kami sudah berusaha menutupi dan menyamarkannya dengan mahluk hidup dan benda natural agar tak mencolok," lanjutnya.

Dinas Pariwisata Jambi Minta Warga Hentikan Pencarian Benda Kuno Cagar Budaya

Hogstrom menjelaskan, lokasi gigi predator kuno bahkan sengaja dirahasiakan dan disamarkan dan tidak diinformasikan kepada turis yang datang berkunjung. Sementara gigi satunya jadi objek yang biasa ditunjukkan kepada turis, masih aman di tempatnya.

Dia mengatakan, hanya sejumlah kecil orang yang mengetahui gigi raksasa itu dan dimungkinkan beberapa orang lokal. Oleh karena itu mereka mencurigai ada pihak yang mengetahui lokasi gigi hiu raksasa dan mendorong orang lain untuk melakukan kejahatan dengan mencurinya.
 

Penggalian untuk kepentingan arkeologi (ilustrasi)

Geger Penemuan Bukti Peninggalan Periode Awal Islam di Kota, Ini Isinya

Sebuah tim arkeolog telah menemukan jejak-jejak masjid di situs bekas kota kuno Persepolis, Iran. Masjid ini diyakini berasal dari periode awal Islam. Ini temuannya!

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2024