Jong Un Minta Maaf ke Moon karena Sering Lontarkan Misil

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea selatan Moon Jae-in.
Sumber :
  • Korea Summit Press Pool/Pool via Reuters

VIVA – Sambil tersenyum dan berjabat tangan, pemimpin Korea Utaram Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan, Moon Jae In bertemu di zona perbatasan demiliterisasi antara kedua negara, Jumat pagi, 27 April 2018.

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

Dilansir dari Reuters, lewat berbagai foto yang diabadikan, terlihat Moon dan Kim tertawa dan berjalan bersama, sebelum mengawali pertemuan dan diskusi kedua pemimpin negara.

Pertemuan dramatis tersebut, bertujuan untuk mengakhiri konflik yang berlangsung selama beberapa dekade. Pertemuan juga dilakukan beberapa minggu, sebelum Kim direncanakan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk membahas denuklirisasi.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

"Kita ada di garis start hari ini, kita membuat sejarah perdamaian, kemakmuran dan hubungan antarKorea sedang dicatat," kata Kim, sebelum melanjutkan diskusi yang berlangsung di desa perbatasan Panmunjom tersebut.

Pertemuan bersejarah Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in - EPA

Laporan PBB: Program Rudal Nuklir Korut Didanai dari Pencurian Kripto

Dalam pertemuan tertutup, Kim mengatakan kepada Moon bahwa dia melakukan pertemuan tersebut untuk mengakhiri sejarah konflik. Bahkan, Kim sempat melemparkan candaan dengan meminta maaf bahwa Moon harus tidur larut malam karena misil yang diluncurkannya.

Kim juga mengatakan kepada Moon bahwa dia akan berkunjung ke Kantor Kepresidenan Seoul 'Blue House' dan ingin lebih banyak melakukan pertemuan di masa mendatang.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju,

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Ada beberapa aturan aneh yang wajib dituruti oleh Ibu Negara Korea Utara, Ri Sol Ju. Tidak seperti istri dari pemimpin negara pada umumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022