Mundur dari Militer Usai Ketahuan Pasang Kamera di Toilet

Ilustrasi kamera tersembunyi
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – Seorang perwira Angkatan Laut Selandia Baru dituduh menyembunyikan kamera di toilet kedutaan Selandia Baru di Washington DC, Amerika Serikat, untuk merekam aktivitas orang-orang yang sedang menggunakan kamar mandi.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Komodor Alfred Keating adalah seorang Atase Pertahanan senior di Kedubes Selandia Baru ketika perangkat rekaman rahasia itu ditemukan di toilet uniseks pada bulan Juni tahun lalu.

"Alat perekam itu sengaja dipasang di saluran pemanas di toilet pada ketinggian dan arah untuk merekam pengguna toilet di Kedubes Selandia Baru," tulis putusan pengadilan sebagaimana dilansir Channel News Asia.

Update Corona di Dunia: 10,1 Juta Orang Terpapar, 502.998 Meninggal

Kamera tersembunyi itu ditemukan ketika jatuh ke lantai. Lapisan tebal debu pada kamera tersebut menunjukkan bahwa kamera tersebut sudah dipasang di toilet itu selama berbulan-bulan lamanya.

Meski Keating memiliki kekebalan diplomatik di Amerika Serikat, polisi Selandia Baru mengeluarkan surat perintah penggeledahan di rumahnya untuk mencari bukti dalam kasus tersebut.

Amerika Serikat Batasi Visa bagi Pejabat China

Meski tak ada gambar atau video tidak senonoh yang ditemukan namun polisi menemukan Keating telah meng-install perangkat lunak driver untuk kamera itu yang terhubung dengan ponselnya.   

Petugas investigasi juga mencocokkan DNA-nya dengan sampel yang ditemukan pada kartu memori di kamera. Keating lalu dituduh berusaha membuat rekaman visual yang bersifat intim. Dia pun sudah mengundurkan diri dari militer. (ren)

Ilustrasi pistol.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Tiga orang lainnya terluka dalam penembakan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2020