PM Modi Bertemu Ribuan Diaspora India di Indonesia

Perdana Menteri India Narendra Modi.
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA - Dalam kunjungan kenegaraannya ke Indonesia, Perdana Menteri India Narendra Modi bertemu dan berbicara di hadapan ribuan masyarakat India di Jakarta. Dalam pidatonya, Modi mengatakan bahwa keberadaan diaspora India telah banyak berkontribusi dalam memajukan hubungan bilateral antara India dengan Indonesia.

Modi PM India Resmikan Kuil Ram yang dibangun di Bekas Lokasi Masjid

"Ke mana pun saya pergi dan berada, saya bertemu dengan ratusan bahkan ribuan diaspora India di seluruh dunia seperti Anda. Meski Anda telah lama berada di Indonesia, saya yakin India tetap ada di hati Anda semua," kata Modi dalam Public Gathering di Jakarta Convention Center, Rabu, 30 Mei 2018.

Modi mengatakan keberadaan ribuan diaspora India yang telah tinggal di Indonesia selama beberapa generasi, sangat berkontribusi dan menyumbangkan kemajuan dalam hubungan kedua negara.

Kontroversi Penggantian Nama Negara India Menjadi Bharat saat KTT G20

Meski banyak yang memilih tinggal di Indonesia karena satu dan lain alasan, namun Modi meyakini bahwa keberadaan masyarakat India telah membuktikan suatu identitas kepada dunia.

Pada kesempatan tersebut, ia juga menyinggung tentang hubungan spesial antara India dengan Indonesia dan mengingat perayaan Republic Day di New Delhi yang juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Menteri Pendidikan Selandia Baru Akan Jadi Perdana Menteri Baru Gantikan Ardern

"Ini bukan suatu kebetulan, karena pada tahun 1950, Presiden Indonesia juga telah menjadi salah satu kepala negara tamu yang hadir dalam Parade Hari Republik di New Delhi. Ini menunjukkan betapa dekatnya hubungan antara kedua negara," ujarnya.

Perdana Menteri (PM) Narendra Modi

UU India: Pengungsi Hindu dari Pakistan-Bangladesh Dapat Kewarganegaraan, Kecuali Muslim

India mengumumkan segera menerapkan Undang-Undang Amandemen Kewarganegaraan (CAA), yang dinilai anti-muslim

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024