Mobil Baru Perdana Menteri India Jadi Sorotan

Mobil dinas Perdana Menteri India, Narendra Modi
Sumber :
  • Cartoq

VIVA – Narendra Modi terpilih sebagai Perdana Menteri India pada 2014, dan sejak itu keputusannya terus menuai berbagai reaksi dari dalam dan luar negeri.

Resmi Debut di Auto China 2024, Begini Spesifikasi Jaecoo J7 PHEV

Salah satunya yakni ketika ia meresmikan jalan tol baru di Uttar Pradesh, di mana ia melakukannya dengan memerintahkan pesawat Hercules untuk mendarat di jalur bebas hambatan sepanjang 350 kilometer itu.

Jalan tersebut bukan hanya dijadikan sebagai infrastruktur untuk membangun India, namun bisa juga dimanfaatkan untuk landasan darurat pesawat militer.

Video Pengendara Honda ADV Terjatuh Akibat Potong Jalan Sembarangan

Kini, nama Modi kembali mencuat usai partai sayap kanan nasionalis Hindu, Bhartiya Janata Party atau BJP yang ia pimpin memutuskan untuk mengganti mobil dinas kepala negara.

Mobil dinas Perdana Menteri India, Narendra Modi

Photo :
  • Cartoq
Korban Google Maps, Daihatsu Sigra Terjebak di Gang Kecil hingga Susah Keluar

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Cartoq, Sabtu 1 Januari 2022, sebelumnya Modi sehari-hari mendapatkan kendaraan dinas berupa BMW 7 Series Security Edition.

Namun, beberapa hari lalu BJP menyatakan bahwa Modi sekarang menggunakan mobil Mercedes Maybach S650 Guard yang dipesan langsung dari Jerman. Ada dua unit yang disediakan, satu berfungsi sebagai cadangan.

Maybach merupakan kelas tertinggi dari Mercedes-Benz, di mana dulunya nama itu merupakan perusahaan yang merombak Mercy menjadi lebih mewah lagi.

Kode Guard berarti kendaraan tersebut sudah dimodifikasi supaya bisa melindungi penumpangnya dari berbagai macam teror, seperti bom TNT yang diledakkan dari jarak dua meter. Level tamengnya mencapai VR10.

Dalam kondisi standar, Mercedes Maybach S650 ditawarkan ke konsumen dengan harga 120 juta Rupee atau setara Rp23 miliar. Namun, pihak BJP mengatakan bahwa biaya yang dikeluarkan hanya sepertiga karena tidak perlu membayar pajak.

 Pihak BJP juga menuturkan, keputusan membeli mobil sedan mewah tersebut diambil karena BMW yang sebelumnya dipakai sudah tidak lagi diproduksi, dan usia pakainya juga sudah lebih dari enam tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya