Modi PM India Resmikan Kuil Ram yang dibangun di Bekas Lokasi Masjid

Peresmian Kuil Ram di India
Sumber :
  • Rajesh Kumar Singh/AP

India – Perdana Menteri India, Narendra Modi, baru saja meresmikan sebuah kuil Hindu, disebut Kuil Ram, yang dibangun di atas reruntuhan masjid bersejarah era Mughal di kota utara Ayodhya. Peresmian kuil Ram ini dilakukan pada pada Senin, 22 Januari 2024. 

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Kuil tersebut didedikasikan untuk Ram (Rama), salah satu dewa dalam Hindu, mencerminkan keberhasilan politik nasionalis Hindu yang kuat milik Modi dan menandai awal tidak resmi kampanye pencalonannya dalam pemilihan umum yang dijadwalkan berlangsung tahun ini.

Peresmian Kuil Ram di India

Photo :
  • Al Jazeera
Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

Dalam acara peresemian Kuil Ram tersebut, Modi mengenakan pakaian tradisional berwarna emas, mengungkapkan patung batu hitam untuk dewa di pusat kuil setinggi 50 meter (164 kaki) di Ayodhya, sekitar 700 km (435 mil) di timur New Delhi.

DIlansir dari Al Jazeera, kuil ini dibangun di tanah di mana masjid Babri, dinamai setelah kaisar Mughal Babar, berdiri selama berabad-abad sebelum dirobohkan pada tahun 1992 oleh sekelompok Hindu.

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Peresmian Kuil Ram di India

Photo :
  • Rajesh Kumar Singh/AP

Pembongkaran masjid abad ke-16 tersebut memicu kerusuhan keagamaan terburuk sejak kemerdekaan, menewaskan lebih dari 2.000 orang, sebagian besar Muslim - dan mengguncang fondasi tatanan politik resmi sekuler India.

Modi pada hari Senin melantunkan ayat-ayat keagamaan Hindu sebelum menempatkan kelopak bunga di kaki dewa dan melipatkan tangannya berdoa, kemudian membungkuk dan mengelilingi api suci, sementara di luar, helikopter militer menyiram kelopak bunga di atas kuil.

Klarinet tradisional memainkan musik devosional selama ritual untuk patung dewa batu hitam setinggi 130 cm (51 inci) yang mewakili dewa-raja, sementara politisi, pengusaha, selebriti olahraga dan film menyaksikan bersama jutaan orang di seluruh negeri.

“22 Januari 2024 bukan hanya tanggal di kalender tetapi menjadi awal dari era baru,” kata Modi, berbicara di luar kuil setelah peresmian yang dikutip dari Al Jazeera pada Selasa, 23 Januari 2024. 

Sebagian besar partai oposisi India, termasuk Kongres Nasional India, menolak undangan untuk acara tersebut, dengan menyatakan bahwa itu tidak sesuai dengan India yang sekuler.

Namun, bagi Modi, pembukaan kuil ini adalah momen bersejarah dalam kampanye selama beberapa dekade untuk menyelaraskan pemerintahan negara ini dengan keyakinan mayoritasnya.

Hindu menyusun sekitar 80 persen dari penduduk India, negara paling padat penduduk di dunia, yang juga merupakan rumah bagi sekitar 200 juta Muslim yang sering kali menjadi target serangan dari nasionalis Hindu sejak kekuasaan Modi dimulai pada tahun 2014.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya