AS Tak Mau Tunggu Lama Denuklirisasi Korut

Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un di Singapura
Sumber :
  • REUTERS/Jonathan Ernst

VIVA – Duta Besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa Bangsa, Nikki Haley mengatakan, AS tidak mau menunggu terlalu lama bagi Korea Utara, untuk mengambil langkah menuju denuklirisasi.

Meradang Dengar Misi Kim-Jong un, Militer Korsel Bikin Pasukan Anti-Nuklir Korea Utara

"Ini semua ada di tangan Korea Utara. Mereka harus paham bahwa masyarakat internasional mengharapkan denuklirisasi dan kami tidak bersedia menunggu terlalu lama," kata Haley, seperti dilansir Reuters, Kamis 9 Agustus 2018.

Penasehat keamanan nasional Gedung Putih, John Bolton mengatakan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo siap kembali ke Korea Utara, untuk melakukan pertemuan dengan pemimpin Kim Jong-un.

Korsel Membalas, Rudal Kendali Udara Teror Situs Nuklir Korea Utara

Haley mengatakan, Pompeo telah menyampaikan tuntutan Amerika yang solid kepada Korut, dan bahwa Washington tidak akan melemah atau mengurangi sanksi terhadap Pyongyang.

Di samping itu, Rusia dan China, juga telah menyarankan kepada Dewan Keamanan PBB untuk dapat mendiskusikan sanksi-sanksi yang lebih longgar terhadap Pyongyang, setelah pertemuan Trump dan Kim di Singapura pada 12 Juni lalu.

Propaganda Korut, Foto Putri Kim Jong-un di Bawah Rudal Monster

"Ini akan menjadi proses yang panjang, kami tahu ini tidak akan terjadi dalam semalam. Kita harus melihat denuklirisasi terjadi dan kita tidak akan berhenti sampai mendapatkannya," tegas Haley.

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un

Kim Jong-un Hilang Jelang Parade Militer Massal Korea Utara

Ini yang ketiga kali Kim tak datang ke rapat Politbiro Partai Buruh Korut.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2023