Menang Pemilihan, Rashida Tlaib Jadi Wanita Muslim Pertama Kongres AS

Keluarga Rashida Tlaib berkumpul merayakan kemenangannya
Sumber :
  • REUTERS/Mohamad Torokman

VIVA – Mantan perwakilan negara bagian Michigan, Rashida Tlaib, menjadi wanita Muslim pertama yang terpilih menjadi anggota Kongres di Amerika Serikat, setelah memenangi pemilihan utama Demokrat.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Dengan suara sebesar 33,6 persen, Tlaib diperkirakan menggantikan John Conyers Jr yang bertugas sejak 1965 hingga pensiun tahun lalu, menyusul tuduhan soal pelecehan seksual.

Tidak ada kandidat Partai Republik yang bertarung untuk kursi tersebut, sehingga Tlaib akan memasuki Kongres tanpa perlawanan, setelah pemilihan khusus pada 6 November mendatang.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Tlaib, anak dari dua imigran Palestina, lahir di Detroit pada 1976. Ayahnya bekerja di perusahaan motor Ford. Dia belajar politik di Wayne State University dan lulus pada 2004.

"Saya merasa sangat didukung, terutama ketika bertemu pemilih dan berbicara dengan mereka. Mereka sangat menginspirasi," ujar Thalib, seperti dilansir Independent.

Update Corona di Dunia: 10,1 Juta Orang Terpapar, 502.998 Meninggal

Sebelumnya, ia menang pertama kali pada 2008 untuk duduk di kursi Dewan Perwakilan Michigan. Dia menjadi wanita Muslim kedua yang bekerja di badan legislatif negara bagian, setelah Jamilah Nasheed dari Missouri.

Donald Trump nyapres 2024

Komite Kongres AS Desak Donald Trump Dituntut Pidana Atas Kerusuhan di Gedung DPR

Komite Kongres Amerika Serikat mendesak Departemen Kehakiman mengajukan tuntutan pidana terhadap mantan Presiden Donald Trump,

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2022