Menlu Australia Julie Bishop Mengundurkan Diri

Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, di Kantor Wakil Presiden RI di Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop memutuskan untuk mengundurkan diri dari kabinet. Ia mundur setelah Scott Morrison terpilih sebagai perdana menteri, menggantikan Malcolm Turnbull.

6 Warga China dan 2 WNI Ditahan Coba-coba Masuk Perairan Australia

Bishop mengumumkan pengunduran dirinya dan belum memutuskan apakah akan mengikuti pemilihan umum Mei 2019 mendatang. Keputusan ini bisa berdampak serius bagi pemerintah Morrison, yang hanya memiliki satu kursi di mayoritas parlemen.

"Saya akan tetap di kursi belakang, sebagai suara yang kuat untuk Australia Barat," kata Bishop dalam sebuah pernyataan, segera setelah dia tiba kembali di wilayah asalnya.

Sosok Berkebaya Terukir di Monumen Perjuangan Australia, Siapa Dia?

Diberitakan Reuters, Morrison muncul sebagai pemenang untuk menggantikan Turnbull, setelah kekacauan politik selama satu minggu terakhir. Ia menjadi PM Australia yang keenam hanya dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun.

Mulanya Bishop juga ikut dalam perebutan suara sebagai perdana menteri, namun tersingkir oleh Morrison. Tak hanya Bishop, kemenangan Morrison juga mengalahkan penantan konservatif Peter Durton, yang 'memicu' kekacauan politik di Australia.

Ratusan Ribu Ternak Australia Terpanggang di Kebakaran Hutan Semak
Menlu Retno Marsudi

Mau Liburan Sambil Kerja, Australia Siapkan 4100 Visa untuk WNI

Berusia 18-30 tahun punya kesempatan kerja 12 bulan di Australia.

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2020