Trump Puji Kim Jong Un di Sidang Majelis Umum PBB

Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un di Singapura
Sumber :
  • Kevin Lim/The Straits Times via REUTERS

VIVA –  Presiden Amerika Serikat Donald Trump memuji pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, atas keberaniannya mengambil langkah untuk melucuti rudal dan nuklir di negaranya.

Meradang Dengar Misi Kim-Jong un, Militer Korsel Bikin Pasukan Anti-Nuklir Korea Utara

Namun, Trump menegaskan bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan sanksi harus tetap berlaku di Korea Utara sampai denuklirisasi selesai dilakukan.

"Rudal dan roket tidak lagi terbang ke segala arah, uji coba nuklir telah berakhir, beberapa fasilitas militer telah dibongkar," kata Trump dalam pidatonya kepada Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa di New York.

Korsel Membalas, Rudal Kendali Udara Teror Situs Nuklir Korea Utara

"Saya ingin berterima kasih kepada pemimpin Kim, atas keberanian dan langkah yang telah diambil, meski masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Sanksi akan tetap di tempatnya sampai denuklirisasi terjadi," ujar Trump, seperti dikutip Reuters.

Pernyataan Trump tentang Korea Utara di hadapan Sidang Majelis Umum PBB sangat berbeda dengan tahun 2017 lalu. Saat itu, Trump mengancam akan menghancurkan Korea Utara sepenuhnya, bahkan mengejek pemimpin Korea Utara sebagai 'manusia roket.'

Propaganda Korut, Foto Putri Kim Jong-un di Bawah Rudal Monster

Untuk pertama kalinya pada Juni lalu, Trump mengadakan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim di Singapura, di mana kedua pemimpin sepakat untuk bekerja menuju denuklirisasi Semenanjung Korea.

Kendati demikian, komitmen dan langkah Kim terkait denuklirisasi dianggap masih jauh dari tuntutan AS. Awal pekan ini, Trump mengatakan ingin melakukan pertemuannya yang kedua dengan Kim Jong-un dalam waktu dekat. (mus)

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un

Kim Jong-un Hilang Jelang Parade Militer Massal Korea Utara

Ini yang ketiga kali Kim tak datang ke rapat Politbiro Partai Buruh Korut.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2023