Korsel Beri Bantuan Kemanusiaan Tsunami Palu Rp14,9 Miliar

Petugas Basarnas membawa korban selamat gempa dan tsunami di Palu
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Pemerintah Korea Selatan, akan menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, yang terjadi pada Jumat lalu, 28 September 2018, sebesar US$1 juta.

Cek Fakta: Timnas Indonesia Dicoret AFC Gegara Suap Wasit

"Pemerintah Republik Korea, akan menyalurkan bantuan kemanusiaan sebesar US$1 juta atau Rp14,9 miliar kepada pemerintah Republik Indonesia, sehubungan dengan terjadinya gempa dan tsunami di Pulau Sulawesi," demikian keterangan tertulis Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta kepada VIVA.

Pemerintah Korsel mengatakan, bantuan tersebut diharapkan bisa membantu meringankan beban masyarakat, di mana terdapat korban jiwa dan kerugian harta benda. Selain itu, bantuan tersebut juga diharapkan bisa mempercepat proses pemulihan awal dan memenuhi kebutuhan darurat warga.

Pernah Jadi Kontroversi, Pose Song Joong Ki di Karpet Merah Baeksang Awards jadi Sorotan

"Pemerintah Republik Korea, akan berkonsultasi dengan kementerian terkait dan pemerintah RI untuk mempertimbangkan pengiriman tim SAR Republik Korea ke Indonesia," demikian dilanjutkan rilis pers.

Gempa bumi mengguncang wilayah Palu, Donggala dan sejumlah wilayah lainnya di Sulawesi Tengah pada Jumat lalu. Hingga sat ini, jumlah korban meninggal dunia sudah lebih dari 800 orang. Diperkirakan jumlah korban akan terus mengalami peningkatan seiring pencaran dan evakuasi yang dilakukan oleh berbagai pihak.

Daftar Lengkap Pemenang Baeksang Art Awards ke-60
Pria Plontos Ajak Youtuber Korea ke Hotel Ternyata Pejabat Bandara Kolaka

Pria Plontos Ajak Youtuber Korea ke Hotel Ternyata Pejabat Bandara Kolaka

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas III Sangia Nibandera, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, Asri Damuna mengajak Youtuber Korea Selatan ke hotel

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024