PM Shinzo Abe Ungkap Duka Cita ke Korban Tsunami Donggala-Palu

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe dengan Presiden Joko Widodo, saat bertemu di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu, 15 Januari 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA – Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, mengirimkan ucapan simpati dan belasungkawa sehubungan dengan bencana alam gempa bumi dan tsunami di wilayah Donggala serta Palu, Sulawesi Tengah akhir pekan ini.

Gempa Bumi Lombok, Satu Korban Tertimpa Bangunan

"Saya merasa sangat sedih mendengar berita bencana gempa dan tsunami yang menimpa Sulawesi Tengah yang telah menyebabkan korban jiwa dan kerusakan yang besar," kata PM Abe lewat keterangan tertulis, Senin 1 Oktober 2018.

Mewakili pemerintah dan rakyat Jepang, PM Abe menyampaikan dukacita sedalam-dalamnya bagi keluarga korban yang meninggal dunia dan simpati terdalam kepada semua korban bencana.

Penampakan Rumah di Lombok Utara yang Roboh Akibat Gempa Bumi

"Kami siap memberi bantuan dalam bentuk apa pun seperti pemberian barang bantuan darurat dan lainnya. Jepang akan selalu berada di sisi masyarakat Indonesia dalam mengatasi kesulitan ini," ujarnya.

Ucapan simpati juga disampaikan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Ia berharap kegiatan pencarian dan penyelamatan korban hilang dapat terlaksana dengan lancar.

Gempa Bumi 5,2 Magnitudo Guncang Mataram dan Bali, Warga Lari Keluar: Trauma Gempa 2018

"Ucapan rasa duka mendalam saya sampaikan kepada keluarga korban yang sangat sedih karena kehilangan orang-orang tercinta," kata Moon Jae-in lewat keterangan tertulis Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta.

"Saya sangat berharap kegiatan pencarian dan penyelamatan korban hilang dapat terlaksana dengan lancar. Semoga masyarakat Indonesia diberikan ketabahan untuk bangkit dari kesedihan dan semoga situasi di Indonesia cepat pulih di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo," ungkapnya.

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

Gempa M 5,4 Guncang Kepulauan Seribu, Tak Berpotensi Tsunami

Kepulauan Seribu DKI Jakarta diguncang gempa berkekuatan magnitudo 5,4. BMKG melaporkan tak berpotensi tsunami.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024