Logo BBC

Trump Tuduh Para Ilmuwan Politis soal Perubahan Iklim Makin Bahaya

 - AFP
- AFP
Sumber :
  • bbc

Presiden AS Donald Trump menuduh para ilmuwan perubahan iklim memiliki `agenda politik,` dan meragukan bahwa manusia bertanggung jawab atas naiknya suhu bumi.

Di sisi lain, Trump mengatakan dia tidak lagi percaya bahwa perubahan iklim adalah hoaks.

Pernyataan-pernyataan itu ia sampaikan dalam wawancara dengan CBS 60 Menit, kurang dari seminggu setelah para ilmuwan iklim melontarkan seruan bagi dunia internasional untuk menghentikan peningkatan suhu planet ini.

Para ilmuwan terkemuka di dunia sudah sejak lama bersepakat bahwa perubahan iklim disebabkan oleh manusia.

Pekan lalu, Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) - badan internasional terkemuka yang mengevaluasi perubahan iklim - memperingatkan bahwa dunia sedang mengarah pada kenaikan suhu hingga 3 derajat Celcius.

Para ilmuwan mengatakan bahwa fluktuasi alami suhu bumi diperburuk oleh aktivitas manusia - yang telah menyebabkan pemanasan global sebesar 1 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri.

Menurut laporan itu, jika kenaikan suhu bisa tetap pada 1.5 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri, itu akan menjadi "perubahan cepat berjangkauan luas, dan belum pernah terjadi sebelumnya di semua aspek masyarakat".