Tubuh Khashoggi Dipotong-potong Cuma 15 Menit

Jurnalis pengkritik Arab Saudi, Jamal Khashoggi.
Sumber :
  • Aljazeera

VIVA - Kepala Departemen Forensik Arab Saudi, Salah Al-Tubaigy, diduga telah memotong mayat wartawan Saudi, Jamal Khashoggi, dalam waktu 15 menit.

Pemerintah Joe Biden Dianggap Lindungi Mohammed bin Salman Atas Pembunuhan Jurnalis

Seorang sumber pemerintah Turki menjelaskan bagaimana Al-Tubaigy, bersama dengan tim bantuan, menarik tubuh Khashoggi ke sebuah ruangan yang disiapkan sebelumnya di dalam konsulat Saudi di Istanbul.

"Ahli anatomi Saudi, Al-Tubaigy mulai mengurus tubuh Khashoggi sebelum timnya mengemas potongan tubuh korban. Mereka memotong-motong tubuh Khashoggi segera setelah terbunuh,” kata sumber itu, seperti dikutip Middle East Monitor.

Warga AS Dijatuhi Hukuman 16 Tahun Penjara di Arab Saudi karena Komentari Kerajaan

Menurut sumber itu, diyakini bahwa tim forensik Turki yang menyelidiki insiden itu sudah mendengar rekaman dari dalam konsulat, sebelum memasuki gedung untuk memeriksa. Informasi ini diyakini membuktikan laporan sebelumnya oleh beberapa koran Turki bahwa tim telah tiba di konsulat Saudi, sebelum kunjungan Khashoggi.

Al-Tubaigy merupakan salah satu dari tim pembunuh yang diyakini telah membunuh Khashoggi pada 2 Oktober. Surat kabar Turki, Daily Sabah, juga menerbitkan gambar CCTV yang menunjukkan Maher Mutreb, teman dekat dan pengawal Pangeran Mahkota Saudi Mohammad bin Salman, yang diyakini menjadi pemimpin tim eksekusi tersebut.

Putra Mahkota Saudi Kebal dari Pembunuhan Khashoggi, Ini Alasannya

Salah satu gambar menunjukkan Mutreb memasuki konsulat sebelum anggota lain dari tim, tepat pukul 9.55 pada tanggal 2 Oktober, hanya beberapa jam sebelum masuknya Khashoggi.

Putera Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman

Pengadilan AS Tolak Gugatan Terhadap MBS atas Pembunuhan Khashoggi

Bulan lalu pemerintah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa MBS akan diberikan kekebalan hukum atas kasus pembunuhan Khashoggi.

img_title
VIVA.co.id
7 Desember 2022