Jembatan Laut Terpanjang di Dunia Diresmikan, Ada Terowongan Bawah Air

Jembatan terpanjang di China/Ilustrasi.
Sumber :
  • Channel News Asia

VIVA – Presiden China Xi Jinping meresmikan jembatan laut terpanjang di dunia yang menghubungkan Hong Kong, Makau, dan daratan China.

AS di Bawah Ancaman Serangan Siber China?

Xi meresmikan jembatan tersebut pada sebuah upacara yang juga dihadiri oleh para pemimpin kota Hong Kong dan Macau di terminal pelabuhan baru di kota daratan selatan Zhuhai.

"Saya menyatakan jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macau secara resmi dibuka," kata Xi seperti diberitakan Channel News Asia

Lab Sentul Beli Bahan Baku Sinte dari China, Transaksinya Pakai Kripto

Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam, sebelumnya mengucapkan terima kasih kepada Xi karena telah hadir secara pribadi dan memuji keindahan jembatan tersebut.

Jembatan sepanjang 55 kilometer itu meliputi jembatan berliku dan terowongan bawah air yang menghubungkan Pulau Lantau di Hong Kong ke Zhuhai dan daerah Makau di seberang perairan muara Sungai Mutiara.

China di Asia: Kehadiran Rentenir di Negara-negara Berkembang

Jembatan ini adalah proyek infrastruktur besar kedua yang menghubungkan Hong Kong ke China yang diluncurkan dalam hitungan pekan setelah pembukaan kereta cepat bulan lalu. Peresmian ini juga merupakan bagian dari strategi yang digerakkan oleh Beijing untuk menciptakan pusat ekonomi Green Bay yang luas.

Namun, para kritikus mengatakan jembatan laut bernilai miliaran dolar AS tersebut adalah salah satu cara untuk mengintegrasikan Hong Kong dengan China. Jembatan tersebut akan terbuka untuk lalu lintas pada Rabu 24 Oktober 2018.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Kemenko Marves]

RI Dibayangi Meningkatnya Persaingan Global, Luhut: Tak Ada yang Bisa Mendikte Kita

Menko Luhut tegaskan, Indonesia tidak perlu khawatir dengan ketatnya persaingan ekonomi global saat ini.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024