Gempa Alaska di Jalur Lempeng Pasifik, Banyak Tanah Terbelah

Lokasi pusat gempa 6,3 SR di Alaska.
Sumber :
  • USGS

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika melaporkan bahwa gempa kuat dengan magnitudo M=7,0 mengguncang wilayah Anchorage Alaska, Amerika Serikat, pada pukul 00.29 WIB, Sabtu, 1 Desember 2018.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Episenter terletak pada koordinat 61.340 lintang utara dan 149.937 bujur barat, tepatnya di pesisir pantai 13 kilometer arah utara Kota Anchorage, Alaska, pada kedalaman hiposenter 40.9 kilometer. 

Menurut BMKG, dikutip dari siaran persnya pada Sabtu siang, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa itu dipicu oleh deformasi batuan dengan penyesaran turun (normal fault).

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Ditinjau lokasi episenter, kedalaman hiposenter, mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dipicu oleh aktivitas penunjaman lempeng di zona Aleutian-Alaska Megathrust. 

“Merujuk plot hiposenter gempa-gempa Alaska tampak bahwa kedalaman hiposenter gempa yang terjadi tepat di jalur penunjaman Lempeng Pasifik ke bawah Lempeng Amerika Utara,” kata Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Dampak gempa berdasarkan peta estimasi tingkat guncangan tampak bahwa di zona episenter mengalami guncangan kuat mencapai skala intensitas VII hingga VIII MMI. “Guncangan dengan skala intensitas sebesar ini sangat berpotensi memicu terjadinya kerusakan bangunan.”

“Dan ternyata benar, menurut laporan terkini, gempa yang terjadi sudah menimbulkan kerusakan beberapa bangunan rumah dan banyak tanah terbelah (ground failure) yang merusak jalur transportasi darat,” ujarnya.

Gempa di Alaska itu sempat membuat lembaga peringatan dini tsunami setempat mengeluarkan peringatan dini tsunami. Namun tidak lama kemudian diakhiri karena gempa memang tidak membangkitkan tsunami.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya