Logo ABC

Aktivis HAM China Diadili Setelah Ditahan 3,5 Tahun

Wang Quanzhang, kiri, ditahan tanpa akses ke pengacaranya atau keluarganya selama tiga tahun.
Wang Quanzhang, kiri, ditahan tanpa akses ke pengacaranya atau keluarganya selama tiga tahun.
Sumber :
  • abc

Salah satu pengacara hak asasi manusia paling terkemuka di China, Wang Quanzhang, akhirnya disidang di pengadilan tertutup setelah tiga setengah tahun ditahan karena dituduh berusaha menggulingkan pemerintah China.

Kasus ini menjadi sangat sensitif di China, sehingga belasan polisi berpakaian preman memblokir akses ke depan Gedung pengadilan Menengah No.2 Tianjin dan menciduk sedikitnya dua orang yang datang untuk menyuarakan dukungannya terhadap Wang.

Tiga kru kamera yang mengaku berasal dari sebuah media bernama Legal Online juga melecehkan sekelompok kecil diplomat Barat yang ingin mengamati persidangan dan menyebut setidaknya satu warga China yang menjadi kru media asing sebagai "pengkhianat".

Kameramen palsu dari Legal Online Seorang pria yang mengaku sebagai juru kamera dari outlet resmi China, merekam jurnalis dan diplomat asing.

ABC: Steve Wang

Istri Wang Quanzhang, Li Wenzu, menggunakan media sosial di luar negeri untuk mengatakan lebih dari selusin penjaga keamanan mendatangi apartemennya di Beijing untuk mencegahnya pergi ke Tianjin guna menghadiri persidangan suaminya.

Menurutnya itu akan menjadi pertama kali baginya bisa kembali melihat suaminya sejak kepergiannya, setelah semua upaya yang dia lakukan sebelumnya untuk mengunjung suaminya didalam tahanan ditolak.