Perundingan Konflik Laut China Selatan Bikin Vietnam Frustrasi

Warga Vietnam protes atas pendudukan China di Laut China Selatan.
Sumber :
  • globalnation.inquirer.net

VIVA – Pemerintah Vietnam mengaku frustrasi dengan lambatnya perundingan untuk menyetujui kode etik terkait sengketa Laut China Selatan.

Waspada! Indonesia Dikepung 2 Negara Pemilik Rudal Tomahawk Pembawa Malapetaka

Menteri Luar Negeri Vietnam, Pham Binh Minh mengeluarkan komentar tersebut, setelah China dan Vietnam mengakhiri pembicaraan terbaru soal perbatasan darat dan laut mereka untuk menjaga stabilitas maritim.

Minh mengatakan kepada media lokal bahwa Vietnam sedang berusaha menjaga keseimbangan antara Amerika Serikat dan China di wilayah itu pada saat meningkatnya persaingan antara kedua kekuatan dunia itu.

Konflik di Laut China Selatan, Ini Tawaran Ganjar Pranowo

"Tidak hanya Vietnam, tetapi banyak negara lain harus mempertimbangkan bagaimana menavigasi situasi," kata Minh kepada Vietnam News seperti dilansir dari SCMP, Kamis 17 Januari 2019.

Minh juga mengaku frustrasi atas lambatnya kemajuan pembahasan kode etik atau Code of Conduct soal Laut China Selatan, yang belum terwujud meskipun negosiasi telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Prihatin, Mahfud MD Sebut Perkampungan Nelayan di Jakarta Utara Kurang Dapat Perhatian

Pada Agustus lalu, China dan Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) menyetujui satu draf teks negosiasi dan berharap untuk merampungkan pembicaraan pada 2021. Tetapi, Minh mengatakan, prosesnya lebih lambat dari yang mereka diharapkan.

Dia mengatakan, Vietnam harus berada pada posisi independent dan membantu menghindari konflik di perairan yang disengketakan. Meskipun, hal itu akan menjadi rintangan terbesar untuk hubungan yang lebih baik antara Vietnam dan China. (asp)

ISDS Gelar Lomba Penulisan Tentang Kedaulatan

Ambil Contoh Situasi Laut China Selatan, ISDS Gelar Lomba Penulisan Tentang Kedaulatan

Lomba penulisan tentang kedaulatan ini, bisa diikuti oleh masyarakat umum. Termasuk juga oleh akademisi hingga wartawan sesuai dengan kategori. Situasi LCS menjadi contoh

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2024